Salah satu cuplikan adegan di "Dilan 1990." (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Industri kreatif tidak lepas dari penulis-penulis novel ternama yang menghasilkan karya luar biasa. Beberapa kisah dari novel bahkan diangkat dalam sebuah film yang tentunya tidak kalah sukses dari novelnya.

Berikut lima film Indonesia yang diadaptasi dari novel :

1. Dilan 1990

Diadaptasi dari novel terlaris Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990, novel ini mendapatkan perhatian yang besar ketika dirilis. Ditambah lagi, novel ini dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan (Dilan) dan Vanesha Prescilla (Milea).

Film ini mengisahkan tentang pertemuan dua remaja, yaitu Dilan dan Milea, di suatu SMA di Bandung. Milea merupakan anak pindahan dari Jakarta yang menarik perhatian Dilan. Perkenalan keduanya pun terbilang unik dan berlanjut pada kisah romantis. Film ini juga telah merilis sekuelnya pada tahun 2019.

Baca juga:  Romansa Era Kolonial Diangkat di "Sara & Fei, Stadhuis Schandaal"

2. Bumi Manusia

Sama seperti film sebelumnya, Bumi Manusia juga dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan (Minke) dan ditemani oleh Mawar Eva De Jongh (Annelies). Film ini diadaptasi dari buku Parmoedya Ananta Toer dengan judul yang sama dan sempat dilarang pada zaman Orde Baru.

Minke merupakan satu-satunya penduduk pribumi yang berhasil masuk ke sekolah HBS di zaman Belanda karena dirinya merupakan golongan priayi. Hingga kemudian, dia dipertemukan oleh seorang gadis cantik keturunan Belanda bernama Annelies dan ibunya yang bernama Nyai Ontosoroh.

3. Imperfect

Imperfect tayang di Bioskop pada Desember 2019 dan sudah dibuat dalam bentuk series di WeTV. Film ini diangkat dari novel dengan judul yang sama dan menceritakan kisah Rara yang memiliki fisik berbeda dari adiknya, Lulu, yang memiliki paras cantik dan badan ideal.

Baca juga:  Berduet Lagi dengan Eka Jaya, Ayu Saraswati Ajak Syukuri Hidup

Film ini dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris papan atas, seperti Jessica Mila, Reza Rahardian, Yasmin Napper, Shareefa Danish, Karina Suwandi, dan Dewi Irawan.

4. Critical Eleven

Critical Eleven merupakan film drama romantis tahun 2017 yang diangkat dari novel berjudul sama karya Ika Natassa. Ale (Reza Rahadian) dan Anya (Adinia Wirasati) pertama kali bertemu dalam penerbangan Jakarta – Sydney.

Critical Eleven merupakan istilah paling kritis di dalam pesawat. Saat pertemuan terjadi, 3 menit pertama Anya mulai terpikat, dan 7 menit berikutnya mereka duduk bersebelah dan saling mengenal, hingga sampai pada menit ke-8 sebelum berpisah.

Baca juga:  Ingin Coba Tradisi "Melukat" di Bali? Berikut 5 Rekomendasinya

5. Hafalan Shalat Delisa

Jika kamu masih mengingat tragedy tsunami di Aceh pada 26 Desember 2004, film ini mengangkat kisah tersebut. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya penulis ternama, Tere Liye. Kisah film ini berfokus pada gadis kecil bernama Delisa (Chantiq Schargerl) yang selamat dari tsunami yang menghantam Aceh kala itu.

Sementara itu, ayah Delisa yaitu Abi Usman (Reza Rahadian), bekerja di sebuah kapal tanker dan kembali ke tempat tinggalnya ketika mendengar berita tersebut. Film ini menceritakan tentang trauma dan kesedihan orang-orang dalam tsunami Aceh.

Itulah film-film Indonesia yang diadaptasi dari novel. Untuk menemani harimu dan mengisi waktu luang, kamu wajib menyaksikan film-film di atas. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *