Ilustrasi olahraga dalam ruangan. (BP/Dokumen Halodoc.com)

DENPASAR, BALIPOST.com – Musim hujan mungkin menghalangimu untuk beraktivitas di luar rumah, terutama untuk olahraga. Namun, kamu tidak perlu khawatir, ada banyak olahraga yang dapat kamu lakukan di dalam ruangan, sehingga kamu tetap bisa menjaga kesehatan meski musim hujan.

Berikut beberapa olahraga yang dapat dilakukan di dalam ruangan yang dilansir dari berbagai sumber :

1. Wall Sit

Kamu bisa berolahraga dengan bantuan dinding rumah. Caranya, kamu perlu berdiri tegak membelakangi dinding dan punggung menempel pada dinding. Kemudian, turun secara perlahan hingga posisi tubuh menyerupai duduk di kursi. Diam dalam posisi tersebut selama 3 detik dan ulangi sebanyak 15-20 kali. Gerakan ini dapat membantu melatih otot perut dan tubuh bagian bawah.

2. Sit Up

Baca juga:  Kadisdikpora Bali Lepas Kontingen Porwanas ke Malang

Melakukan gerakan sit up dapat meningkatkan massa otot di perut. Pertama-tama kamu dapat mengambil posisi berbaring dengan kaki ditekuk dan telapak kaki menyentuh lantai. Kemudian, luruskan atau silangkan tangan di depan dada. Angkat tubuh bagian atas secara perlahan hingga membentuk sudut 90 derajat dan tahan selama 2 detik. Kamu dapat mengulangi gerakan ini sebanyak 20-35 kali.

3. Push Up

Gerakan push up dapat membantu melatih kekuatan otot dada, lengan, bahu, dan perut. Pertama, ambil posisi tengkurap dengan kedua tangan menyentuh lantai untuk menopang tubuh. Pastikan posisi kaki tetap lurus dan turunkan badan ke bawah secara perlahan tanpa menyentuh lantai. Ulangi gerakan ini sebanyak 20-35 kali.

4. Naik dan Turun Tangga

Baca juga:  Witarka Jabat Sekum Askot PSSI Denpasar

Jika rumahmu memiliki tangga, kamu bisa berolahraga dengan naik turun tangga. Jika kamu melakukannya dengan maksimal dan secara rutin, geralan ini dapat bermanfaat untuk memperkuat otot dan tulang kaki.

5. Squat

Squat merupakan gerakan menurunkan pinggul dari posisi berdiri dan kemudian berdiri kembali. Gerakan ini membantumu melatih keseimbangan, membakar lebih banyak lemak, mengaktifkan otot inti dan punggung, serta meningkatkan sirkulasi.

6. Zumba

Olahraga zumba baik dapat membantumu membakar lemak dalam tubuh dan mengurangi rasa stres. Kamu bisa mencari video tutorial zumba di Youtube dan mengikuti gerakannya. Pastikan kamu memakai pakaian olahraga yang tepat agar tubuhmu dapat bergerak dengan leluasa.

7. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang gerakan fisiknya tidak sebanyak olahraga lainnya, tapi dapat memberikan ketenangan pada jiwa. Kamu bisa mengikuti gerakan yoga yang ada di Youtube. Yoga memiliki banyak manfaat, seperti menenangkan pikiran, mengurangi stres, membakar lemak, mengurangi masalah asma, dan mengatasi sakit punggung.

Baca juga:  Mulai Diguyur Hujan, Sejumlah Wilayah Badung Alami Bencana Alam

8. Lompat Tali

Lompat tali dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Gerakan dalam lompat tali dapat membuat tubuh menjadi lentur. Olahraga ini memiliki banyak manfaat, mulai dari meningkatkan tinggi badan saat usia pertumbuhan, mengencangkan otot, hingga membentuk konsentrasi. Lakukanlah olahraga ini selama 30 menit untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan gerakan-gerakan tersebut secara rutin dan jangan jadikan hujan sebagai alasan untuk berhenti olahraga. (kmb/balipost)

 

 

BAGIKAN