Bupati Karangasem I Gede Dana saat meresmikan akses jalan Bukit Paon-Pura Sana Desa Bhuanagiri, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Sabtu (14/1). (BP/Ist)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Warga Bukit Paon-Pura Sana Desa Bhuanagiri, Kecamatan Bebandem kini dapat merasakan akses jalan yang memadai. Hal ini setelah adanya perbaikan di era kepemimpinan Bupati Karangasem I Gede Dana dengan I Wayan Artha Dipa pasca bertahun-tahun akses jalan tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah.

Peresmian ruas jalan Bukit Paon-Purasana dilaksanakan sekaligus peresmian dan pemelaspasan jalan rabat beton Bukit Paon-Tanah Aron yang mempergunakan dana APBD Desa Bhuanagiri, pada Sabtu (14/1) oleh Bupati disaksikan masyarakat setempat.

Dana mengatakan komitmennya untuk menuntaskan infrastruktur jalan di Karangasem selama masa jabatan akan terus dilakukan. Namun, diakuinya, untuk menyelesaikan infrastruktur jalan itu harus dilakukan secara perlahan mengingat anggaran yang dibutuhkan untuk setiap perbaikan lumayan besar. “Pelan-pelan, kalau semuanya minta cepat ya jelas tidak bisa karena keterbatasan anggaran dari pemkab Karangasem,” ujarnya.

Baca juga:  Bupati Gede Dana Bentuk Perseroda, Garap Sektor Potensial di Karangasem

Gede Dana, menambahkan, pada tahun 2022 lalu, Pemkab Karangasem sudah bisa menyelesaikan baik membangun maupun melakukan rekontruksi penanganan infrastruktur jalan sepanjang 58 kilometer. Di awal tahun 2022, hampir 222 kilometer jalan rusak berat dan ringan sehingga penangananya harus dilakukan perlahan.

“Untuk pembangunan jalan sepanjang 3,7 kilometer saja membutuhkan anggaran hingga miliaran,kalau semua anggaran di pos ke infrastruktur tentu program lainya tidak bisa jalan. Jadi, perbaikan harus dilakukan secara bertahap,” katanya

Dia menjelaskan, anggaran yang dimiliki pemkab Karangasem juga masih terbatas yang tentunya diperlukan anggaran dari Pemprov Bali maupun pusat. Sehingga selama ini pihaknya banyak dibantu dari anggaran provinsi Bali melalui dana BKK yang diberikan oleh Gubernur Bali, Wayan Koster. “Pak Koster cukup banyak memberikan anggaran BKK dari provinsi untuk infrastruktur, seperti jalan maupun pembangunan tribune di stadion Amlapura,” jelasnya.

Baca juga:  Intensitas Gempa Bumi di NTT Alami Peningkatan

Lebih lanjut dikatakannya, untuk pembangunan ruas jalan Bukit Paon-Pura Sana yang juga sumber anggaranya dari dana BKK provinsi Bali. Pihaknya juga berharap, dengan selesainya pembangunan jalan ruas Bukit Paon-Pura Sana, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya. Yang lebih penting, bupati meminta agar masyarakat juga turut serta dalam menjaga dan merawat ruas jalan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR, Wedasmara, mengatakan, pembangunan ruas jalan Bukit Paon-Pura Sana sendiri mempergunakan dana APBD tahun 2022 yang bersumber dari dana BKK provinsi Bali. Ruas jalan yang berhasil di bangun yakni sepanjang 3,7 kilometer dan lebar mencapai 3 meter dengan nilai Pagu mencapai Rp 4.1 Milyar. “Sumber anggaranya dari BKK Provinsi Bali tahun 2022 lalu,” katanya.

Baca juga:  Hingga Siang, Genangan di By Pass Ngurah Rai Jimbaran Masih Tinggi

Dalam meresmikan dan melaspas akses ruas jalan Bukit Paon-Pura Sana, Bupati yang didampingi Kadis PUPR, anggota DPRD asal Dapil Bebandem, Camat Bebandam, Perbekel Bhuanagiri dan para tokoh masyarakat juga meresmikan dan melaspas akses jalan rabat beton Bukit Paon-Tanah Aron yang dibangun dengan mempergunakan anggaran dari APBDes Bhuanagiri tahun 2022. (Adv/balipost)

BAGIKAN