Beras - Ketua TP PKK Provinsi Bali bersama Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana menyerahkan beras ke warga. (BP/Ist)

NEGARA, BALIPOST.com – Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Jembrana Ny. Gusti Ayu Ketut Candrawati Tamba berkomitmen mengajak seluruh kader PKK Jembrana, baik di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa untuk terus mendukung penuh program-program yang dilaksanakan TP PKK Provinsi Bali. Hal tersebut disampaikannya, saat mendampingi Ny. Putri Suastini Koster dalam lawatannya ke Jembrana tepatnya di Desa Yeh Embang Kangin, Kec. Mendoyo dan Desa Perancak, Kec. Jembrana dalam program Menyapa dan Berbagi, Senin (23/5).

“Kami merasa bangga dan senang atas kunjungan Ibu di Jembrana. Mudah-mudahan melalui kunjungan Ibu dapat memotivasi kami PKK Jembrana untuk terus berbuat dan bergerak membantu masyarakat. Dan teruntuk seluruh kader yang ada di Jembrana, Tiang mengajak untuk selalu mendukung penuh program-program TP PKK provinsi Bali, salah satunya program Menyapa dan Berbagi yang sangat luar biasa ini,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan apa yang menjadi arahan Ibu Ketua TP PKK Provinsi, TP PKK Jembrana secara kontinyu dalam berbagai kegiatan terus mensosialisasikan program-program PKK yang langsung menyentuh masyarakat.

Baca juga:  Viral di Medsos Indonesia akan Dilanda Badai Panas Ekuinox, Benarkah?

“Seperti halnya, kami selalu mendata warga yang membutuhkan perhatian khusus, melanjutkan aksi sosial serta mensosialisasikan sampah berbasis sumber dan program Aku Hatinya PKK. Kita tahu program ini sudah terbukti nyata dalam membantu kebutuhan masyarakat khususnya dalam menunjang ekonomi keluarga,” jelas Ketua TP PKK Jembrana ini.

Sementara itu Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster dalam sambutannya mengatakan bahwa di samping kunjungan kerja kegiatan ini sekaligus menyapa dan berbagi untuk mengetahui kondisi masyarakat secara langsung di dua kecamatan yang ada di Kabupaten Jembrana.

“Lewat program ini, Titiang selaku ketua TP PKK Provinsi Bali bersinergi dengan TP PKK Jembrana, ingin berbagi kepada masyarakat sekalian, semoga bantuan ini sedikit tidaknya dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan di keluarga masing-masing,” ujarnya.

Baca juga:  Sebelum Deportasi, Bule Perempuan Pose Bugil di Pohon Sakral Kembali Kunjungi Pura Babakan

Di kesempatan yang sama itu pula, wanita yang akrab dipanggil Bunda Putri tersebut mensosialisasikan pola penanganan stunting sejak dini, bahkan saat para wanita sedang mengandung, karena pencegahan dini Stunting juga menjadi salah salah satu konsen program TP PKK.

“Berbicara tentang stunting, harus betul-betul mendapatkan perhatian yang serius, karena kita tahu dapat mengancam keberlangsungan generasi penerus bangsa. Tentu hal awal yang harus dilakukan untuk mengantisipasinya, bagaimana seorang ibu saat mengandung harus mendapat asupan nutrisi yang cukup termasuk melengkapi asupan gizi yang ada pada susu diharapkan mampu melahirkan generasi bangsa yang sehat, lengkap, kuat, cerdas dan berkualitas,” harapnya

Adapun di 2 desa tersebut diserahkan bantuan 1 ton beras untuk 50 orang dengan rincian penerima terdiri dari 10 orang balita gizi buruk/ kurang gizi, 10 orang ibu hamil kekurangan energi khusus (KEK),10 orang lansia, 10 orang penyandang disabilitas dan 10 kader PKK. Di samping itu diserahkan pula bantuan susu dengan jumlah variatif yaitu 8 kotak untuk balita gizi buruk/kurang gizi, 2 kotak untuk masing-masing difabel, ibu hamil dengan KEK dan lansia. Selain itu, seluruh penerima bantuan juga memperoleh 1 krat telur.

Baca juga:  Prihatin Korban Gempa, Ini Dilakukan Istri Tentara

Di samping itu bantuan tersebut juga diserahkan bantuan 200 pohon bibit tanaman yang diserahkan oleh Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali I Made Teja kepada Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana Ny. Candrawati Tamba.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Bali Putu Anom Agustina, Ketua GOW (Gabungan Organisasi Wanita) Jembrana Ny. Inda Swari Dewi Patriana Krisna, anggota TP PKK Provinsi Bali, Kader TP PKK Kabupaten Jembrana, Pimpinan OPD terkait serta camat dan perangkat desa. (Adv/balipost)

BAGIKAN