Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Indonesia seringkali disebut-sebut memiliki masyarakat dengan tingkat literasi rendah. Alasannya tidak jauh dari malas membaca buku.

Selain itu, orang-orang menganggap bahwa membaca buku itu kegiatan yang membosankan, sehingga mudah mengantuk. Namun, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar membaca buku terasa menyenangkan, yuk simak :

  1. Pilih Bacaan dengan Topik Ringan

Kalau kamu baru pertama kali membaca, sebaiknya pilih topik yang ringan dan kamu sukai. Hindari topik yang berat karena itu akan membuatmu pusing dan malas melanjutkan membaca. Sebelum memutuskan membaca, kamu bisa mencari terlebih dahulu sinopsis atau review mengenai buku tersebut di internet.

Baca juga:  9 Suku Tertua di Indonesia, Nomor 1 Ada Sejak Sejuta Tahun Lalu

2. Membaca di Suasana Tenang

Suasana tenang akan membuatmu lebih mudah untuk fokus dan berkonsentrasi. Hindari diri dari gangguan atau suasana yang rami karena itu akan lebih mudah mengganggu konsentrasimu. Kamu bisa memilih tempat yang nyaman seperti perpustakaan, kamar, atau cafe dengan suasana sunyi.

3. Tentukan Posisi yang Pas

Posisi membaca yang pas akan membuatmu lebih nyaman, sehingga kamu akan lebih fokus dan berkonsentrasi. Setiap orang memiliki posisi nyaman yang berbeda-beda, ada yang lebih nyaman duduk dan ada yang lebih nyaman membaca sambil tiduran.

Baca juga:  Beri Dana Bantuan ke Warga Terdampak Gempa Cianjur, Ini Pesan Jokowi

4. Siapkan Camilan dan Minuman

Jika kamu memutuskan untuk membaca dalam waktu yang lama, kamu bisa menyiapkan camilan atau minuman. Selain untuk mengganjal perut, membaca sambil makan juga akan memmbantumu agar tidak cepat bosan. Kamu juga bisa membeli minuman yang mengandung kafein agar tidak mudah mengantuk. Meski begitu, jangan terlalu fokua untuk menghabiskan makananmu, ya.

5. Pilih Waktu yang Tepat

Setiap orang memiliki waktu produktif yang berbeda-beda. Sebaiknya pilihlah waktu membaca ketika kamu sedang produktif agar kamu lebih semangat dan tidak mudah lelah dan mengantuk.

Baca juga:  Standardpen Ajak Anak Gemar Menulis

6. Jauhkan Gadget Sejenak

Gadget mungkin salah satu alasanmu terganggu saat membaca. Jadi, alangkah baiknya jauhkan dirimu dari gadget saat membaca. Kamu juga bisa mematikan notifikasi dan menghidupkan mode silent agar kamu tidak terganggu.

Membaca bisa jadi menyenangkan jika kamu memang bersungguh-sungguh dan giat melakukannya. Jika kamu lelah atau mengantuk, pergilah istirahat dan selesaikan bacaanmu ketika badan kamu sudah fit kembali.

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *