Ilustrasi menyuapi lansia. (BP/Dokumen Antara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Volunteering atau sukarelawan artinya kegiatan sosial yang dilakukan oleh sekumpulan orang yang memperjuangkan satu isu yang sama. Kegiatan volunteer biasanya dilakukan untuk mengisi waktu luang atau bahkan untuk mengabdi kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan.

Berikut tujuh manfaat mengikuti kegiatan volunteer :

1. Mendapatkan Pengalaman

Biasanya tujuan utama mengikuti volunteer adalah untuk mendapatkan pengalaman. Pengalaman volunteer ini juga bisa kamu masukan ke CV atau resume, dan tentu saja ini bisa memberikan nilai plus.

Baca juga:  Pasutri Korban Disambar Petir Dibantu Tenda

2. Memperluas Relasi

Mengikuti volunteer akan memberimu kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang baru. Orang-orang yang tergabung dalam volunteer biasanya berasal dari berbagai kalangan hingga berbagai daerah, sehigga relasimu akan semakin luas.

3. Membantu Orang yang Membutuhkan

Volunteer biasanya dilakukan di tempat-tempat yang membutuhkan bantuan, baik itu dengan memberikan edukasi atau bantuan berupa tenaga. Dengan mengikuti volunteer, kamu bisa membantu orang-orang yang membutuhkan.

Baca juga:  Diduga, Teroris Kumpulkan Dana dengan Kedok Aksi Kemanusiaan

4. Menumbuhkan Kemampuan Kerja Sama Tim

Volunteer bukan kegiatan individu, melainkan kegiatan tim atau kelompok. Saat mengikuti volunteer, tentunya kerja sama tim sangat dibutuhkan.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Pada setiap kegiatan volunteer, tentunya kita akan berinteraksi dengan masyarakat sekitar maupun anggota tim. Interaksi ini akan membantumu untuk meningkatkan rasa percaya dirimu.

6. Menjadi Peka dengan Keadaan Sekitar

Saat menjadi relawan, kamu dituntut untuk lebih peka dengan lingkungan dan keadaan sekitar agar kamu memahami apa yang terjadi di sekitarmu.

Baca juga:  Puting Beliung Landa Jembrana, Sepuluh Rumah di Warnasari Alami Kerusakan

7. Mendapatkan Skill Baru

Secara tidak langsung, kamu akan mendapatkan skill- skill baru saat mengikuti volunteer. Bisa jadi skill ini akan bermanfaat untukmu di masa depan.

Jangan lupa, saat menjadi relawan, pastikan kamu sungguh-sungguh dan berkomitmen mengikuti setiap kegiatannya agar kamu mendapatkan manfaat dari kegiatan volunteer yang kamu jalani. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *