Ilustrasi. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Produktif merupakan cara untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dengan sedikit waktu dan sedikit usaha. Saat kamu mencoba produktif, artinya kamu mencoba mencapai tujuan dan bisa meluangkan waktu untuk hal-hal penting lainnya.

Berikut delapan tips untuk tetap produktif yang dilansir dari berbagai sumber :

1. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup akan membantumu lebih produktif dalam bekerja. Normalnya, seseorang tidur selama tujuh sampai delapan jam. Bangunlah lebih awal dan hindari begadang, maka kamu akan lebih segar dalam menjalani hari.

Baca juga:  Cegah PTM Jadi Kluster, Disdikpora Minta Sekolah Perketat Prokes

2. Fokus pada Satu Pekerjaan

Jika pekerjaanmu menumpuk, kerjakanlah pekerjaan tersebut satu per satu dan fokus pada apa yang sedang kamu kerjakan. Jangan mengerjakan dua pekerjaan sekaligus. Hal itu akan membuat hasil pekerjaanmu tidak selesai dengan maksimal.

3. Buat To Do List

Untuk lebih fokus dan terstruktur, kamu bisa membuat to do list. Letakkan pekerjaan yang lebih kamu prioritaskan paling atas.

4. Jauhkan Diri dari Gangguan

Mengerjakan pekerjaan di tengah gangguan akan membuat pekerjaanmu selesai lebih lama. Maka dari itu, bekerjalah di tempat yang menurutmu nyaman untuk bekerja dan jauhkan diri dari gangguan.

Baca juga:  Tambahan Harian Kasus COVID-19 Nasional Turun Lagi ke 3.000an Orang

5. Jangan Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan hanya akan membuat pekerjaan tersebut selesai lebih lama dan membuat pekerjaan lainnya tertunda. Jika ingin produktif, tinggalkan kebiasaan menunda pekerjaan.

6. Luangkan Waktu untuk Istirahat

Meluangkan waktu untuk istirahat setalah menyelesaikan suatu pekerjaan akan menghindarimu dari rasa lelah saat mengerjakan pekerjaan selanjutnya.

7. Berikan Self Reward

Setelah melakukan pekerjaan yang berat, kamu bisa memberikan self reward kepada dirimu sendiri sebagai bentuk penghargaan bahwa kamu sudah bekerja keras melakukan pekerjaan tersebut.

Baca juga:  Bertambah Puluhan Pasien COVID-19, Ini Desa di Denpasar Sumbang Kasus Terbanyak

8. Evaluasi Pekerjaanmu

Mengevaluasi pekerjaanmu setelah berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan adalah cara untuk mengetahui perkembangan dari hasil kinerjamu. Maka, saat mengerjakan pekerjaan selanjutnya, kamu bisa memperbaikinya.

Nah, itu tadi tips untuk tetap produktif. Lakukan tips-tips di atas jika kamu ingin mencapai tujuanmu dalam pekerjaan dan bisa meluangkan waktu untuk hal-hal lainnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN