Tangkapan Layar - Presiden Jokowi memberikan keterangan pers usai meninjau harga barang di Pasar Cigombong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/12/2022). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Harga barang secara umum masih terkendali menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang merupakan momentum konsumsi tinggi masyarakat. Hal itu dikatakan Presiden Joko Widodo, usai meninjau Pasar Cigombong, Bogor, Jawa Barat, Jumat, Jokowi mengakui memang terdapat sejumlah barang pangan yang mengalami kenaikan harga, namun banyak juga barang yang harganya turun.

“Saya kira masih semuanya terkendali,” kata Presiden Jokowi dengan didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Bogor, Jawa Barat, sebagaimana dikutip dari kantor berita Antara, Jumat (23/12).

Baca juga:  Medsos Diduga Jadi Penyumbang Terbesar Penyebab Kisruh Sosial

Jokowi merinci beberapa bahan pangan yang mengalami kenaikan harga antara lain daging beku, bawang merah, dan beras; sementara bahan pangan yang mengalami penurunan harga ialah bawang putih, telur, dan cabai. “Saya senang beberapa barang tadi harganya turun. Ada dua yang naik, daging, daging yang beku naik,” katanya.

Untuk bawang merah, lanjut Jokowi, terdapat kenaikan harga sebesar Rp2 ribu per kilogram; sementara harga cabai justru turun drastis dari kisaran Rp60 ribu per kilogram menjadi Rp30 ribu per kilogram.

Baca juga:  BPS Catat Inflasi April Cukup Tinggi

Jokowi mengatakan, stabilitas harga bahan pangan juga terjaga secara nasional dan tidak hanya di Pasar Cigombong. “Kami kan kemarin tidak hanya di sini saja masuk pasarnya. Kurang lebih sama. Kurang lebih pasti sama. Cabai sekarang turunnya agak drastis Rp30 ribu, biasanya di atas Rp60 ribu. Sangat baik menjelang Natal dan Tahun Baru. Mungkin agak-agak yang sedikit naik beras,” ujar Presiden Jokowi. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Jelang Puasa, Harga Kebutuhan Mulai Naik
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *