Ilustrasi. (BP/dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Thrift fashion saat ini sedang hype di kalangan anak muda. Thrift, dikutip dari berbagai sumber, merupakan istilah lain dari preloved atau barang bekas.

Barang thrift biasanya dapat ditemukan di pasar loak. Tapi seiring berkembangnya teknologi, barang-barang ini dapat dengan mudah ditemukan di media sosial atau platform jual beli online.

Meski tergolong barang bekas, barang-barang tersebut masih layak pakai. Bahkan ada beberapa barang yang kualitasnya masih sangat bagus, seperti baru.

Baca juga:  Kamu Penyuka Sporty Look? Kulik Fashion Klasik Inggris Ini

Ada beberapa alasan yang membuat thrift fashion digemari oleh anak muda. Yuk, simak empat alasan ini :

1. Bukan Sembarang Fashion

Barang thrift yang umumnya dijual bukanlah pakaian biasa, kebanyakan yang dijual adalah jenis vintage atau fashion dengan gaya 90-an. Selain itu, terkadang barang yang dijual adalah one of a kind atau hanya satu-satunya.

2. Harga Terjangkau

Tentunya ini menjadi alasan utama mengapa thrift fashion digemari anak muda. Dengan harga yang murah, kamu bisa memiliki barang yang kualitasnya tidak jauh dari aslinya. Kamu bahkan dapat menemukan barang branded hingga barang import dengan harga yang murah.

Baca juga:  Jangan Habiskan Masa Muda Sia-sia, Capai 8 Hal Ini Saat Usia 20-an

3. Menjaga Lingkungan

Sudah menjadi rahasia umum jika industri pakaian, terutama fast fashion, memiliki dampak buruk dari segi sosial, ekonomi, hingga lingkungan. Banyak isu pelanggaran hak pekerja yang timbul dari industri ini. Selain itu, industri fast fashion menghasilkan mikrofiber yang susah terurai, serta menghasilkan emisi karbondioksida yang tinggi.

4. Kesempatan Menambah Penghasilan

Thrift fashion membuka kesempatan pada orang-orang yang ingin menambah penghasilan dengan menjual pakaian yang sudah tidak dipakai lagi, tapi masih layak dipakai dan dijual.

Baca juga:  Ombudsman Temukan Publik Bingung Soal Peraturan Baru BPJS Kesehatan

Nah, itu tadi beberapa hal yang menjadi alasan orang-orang memilih thrift fashion. Untuk tampil lebih kece dan stylish dengan thrift fashion, kamu juga dapat memadupadankan pakaianmu atau menambah aksesoris yang cocok. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *