PANTAU-Anggota Polsek Mengwi melakukan pemantauan di Terminal Mengwi, Badung.(BP/Ist)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Polres Badung akan melakukan sejumlah atensi terkait perayaan Nataru. Selain mengerahkan kekuatan penuh, polres juga melakukan mapping wilayah rawan macet dan pesta perayaan malam tahun baru. Hal ini dilakukan untuk menjaga wilayah hukum Polres Badung tetap aman dan kondusif.

Usai mengikuti latihan praoperasi (Latpraops) Operasi Lilin Agung 2022 dipimpin Wakapolda Bali Brigjen Pol Drs. I Ketut Suardana, M.Si. secara virtual, Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes menyampaikan, terkait kegiatan masyarakat, baik saat Natal maupun tahun baru menjadi atensi di dalam melakukan pengamanan. Khusus perayaan Natal sudah berlangsung dan pucaknya di wilayah hukum Polres Badung pada 27 Desember 2022 yaitu Natal Nusantara yang akan dilaksanakan di Puspem Badung.

Baca juga:  Pemilu 2019, Jumlah DPT dan TPS Karangasem Bertambah

“Ini dibutuhkan sebuah upaya, langkah-langkah yang kuat dan matang dalam mengwujudkan situasi kamtibmas yang kondusif,” tegasnya.

Lanjut Kapolres Leo, terkait perayaan tahun baru, masyarakat akan melaksanakan festival, kembang api maupun kegiatan konser musik dan lainnya. Leo menekankan kepada pelaku-pelaku usaha tersebut agar berkoordinasi dalam rangka penilaian keamanan, kegiatan assessment pengamanan. Sesuai instruksi Mendagri bahwa kafasitasnya maksimal 100 persen setiap lokasi-lokasi kegiatan dan ini betul-betul harus mendapat perhatian serius.

Baca juga:  Menjabat Gubernur Hanya 10 Hari, Hamdani Siapkan Sejumlah Catatan untuk Gubernur Baru

Di samping itu, mantan Kasat PJR Ditlantas Polda Bali ini menjelaskan, pihaknya juga menyikapi masalah kejahatan jalanan. Apalagi saat ini sudah ada modus-modus operandi baru bagi pelaku-pelaku kejahatan jalanan khususnya jambret. “Menjadi penekan bagi anggota-anggota patroli maupun anggota yang melaksanakan penegakan hukum yakni potensi kejahatan dengan modus yang baru ini,” ungkap Leo.

Sedangkan terkait kemacetan lalu lintas, khususnya di Canggu, Tibubeneng, Dalung dan Kerobokan akan dilakukan pengaturan bersinergi dengan Ditlantas Polda Bali, dinas perhubungan dan linmas yang ada di desa maupun kelurahan.

Baca juga:  Testimoni Wisatawan, Banyak Sampaikan Soal Kemacetan di Ubud

Di tempat terpisah, Polsek Mengwi meningkatkan patroli di kawasan tertminal Tipe A Mengwi. Petugas mengimbau penumpang bus untuk ikut menciptakan kamtibmas yang kondusif dengan selalu menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

Kapolsek Mengwi Kompol Nyoman Darsana, seizin Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes mengatakan, untuk menjaga kondusifitas wilayah menjelang pelaksanaan Nataru, pihaknya mengajak masyarakat yang ada di seputaran terminal dan penumpang untuk ikut berpartisipasi menjaga kamtibmas. “Situasi yang aman dan kondusif merupakan harapan kita bersama. Untuk itu mari kita bersama-sama menjaganya,” tutupnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN