Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meninjau lokasi akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022). Akad nikah putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep akan berlangsung pada Sabtu (10/12/2022). (BP/Antara)

SOLO, BALIPOST.com – Panitia telah melibatkan sebanyak 400 penarik becak dan 35 andong masyarakat Solo dalam tasyukuran pernikahan Kaesang Pengarep dengan Erina Gundono. Mereka akan mengangkut para tamu yang akan menghadiri tasyukuran di Pura Mangkunegaran Surakarta, pada Minggu (11/12).

Ketua Panitia pernikahan Kaesang- Erina, Erick Thohir dikutip dari Kantor Berita Antara, Sabtu (10/12), mengatakan khusus untuk becak dan andong akan diikutsertakan dalam rangkaian resepsi di sekitar Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran. Menurut Erick para penarik becak dan andong akan berperan penting dalam membawa para tamu undangan yang datang, terutama tamu yang tidak menggunakan bus.

Panitia mengajak 400 becak dan 35 andong untuk ikut menyemarakkan Festival Budaya dalam rangka pernikahan Kaesang dan Erina. Dengan jalan ini, semua merasakan kebahagiaan yang dirasakan kedua mempelai.

Baca juga:  Bayi Dibuang di Cucian Mobil

Para penarik becak dan andong, tambah Erick, akan berperan penting dalam membawa para tamu undangan yang datang. Terutama tamu yang tidak menggunakan bus dan tidak menginap.

“Andong dan becak yang disediakan panitia, khusus untuk mengangkut para tamu undangan terutama bagi mereka yang berasal dari luar daerah dan tidak menginap di hotel,” katanya.

Rencananya, andong akan disediakan tempat parkir di dua titik yaitu Stadion Manahan Solo dan Benteng Vastenberg, dan dari lokasi tersebut akan disediakan becak dan andong.

Baca juga:  Kembali Rekor Baru!! Nasional Catatkan Tambahan Lampaui 10.600 Orang

Sementara itu, Kepala Polda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan Polda membekap Polresta Surakarta pada acara puncak tasyukuran ngunduh mantu yang dahului dengan kirab dan sebagainya.

Polda Jateng telah menyiapkan kegiatan baik itu, pengawalan, perjalan akhir maupun kegiatan lainnya. Kapolda mengimbau masyarakat untuk ikut serta dalam rangka menjaga wilayah ini. Prinsip menjadi tuan rumah yang baik secara tidak ada kejadian yang menonjol di wilayahnya.

Petugas berikut aparat keamanan lainnya telah siap memberikan jaminan keamanan sehingga kegiatan di wilayah Solo berjalan sebagaimana biasa.

Khusus untuk kegiatan perjalan akhir panitia telah menyiapkan baik sarana maupun prasarana di antaranya, tamu yang penginap di hotel telah dipersiapkan shutle bus menuju ke Pura Mangkunegaran.

Baca juga:  Wapres Minta Para Pengusaha Lakukan Kewajiban Bayar THR Idul Fitri

Tamu yang tidak diakomodir di hotel-hotel, akan disiapkan parkir di Stadion Manahan dan Benteng Vestenberg. Dari Stadion Manahan akan siapkan 35 andong akan ditarik ke Mangkunegaran, sedangkan di benteng disiapkan 400 becak yang nanti dilangsir menuju Mangkunegaran.

Dengan harapan bahwa semua elemen masyarakat akan ikut serta sebagai wadah namanya melaksanakan kegiatan disamping budaya maupun masyarakat yang lain ikutserta. Sehingga, apapun kegiatan di wilayah ini, akan menjadi kegiatan yang aman, nyaman, dan damai di wilayah ini. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *