Jiang Zemin. (BP/Dokumen Antara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Duka mendalam dirasakan masyarakat Tiongkok karena berpulangnya mantan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jiang Zemin. Untuk mengakomodir ucapan duka cita dari masyarakat, Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Denpasar membuka Buku Belangsungkawa.

Dalam keterangan tertulisnya, Konsulat Jenderal menginformasikan Jiang Zemin meninggal dunia pada 30 November karena sakit pada usia 96 tahun pada pukul 12:13 WITA di Shanghai. Jiang merupakan sosok pemimpin yang luar biasa dengan prestise tinggi yang diakui oleh seluruh Partai Komunis Republik Rakyat Tiongkok, seluruh Angkatan Militer RRT, dan Masyarakat Tiongkok. “Beliau merupakan ahli kenegarawan, ahli strategi militer, ahli diplomasi, dan pemimpin perjuanganan sosialisme dengan karakteristik Tiongkok. Beliau juga merupakan inti dari kepemimpinan kolektif pusat generasi ketiga Partai Komunis dan pendiri utama Teori Tiga Perwakilan,” sebutnya dalam rilis.

Baca juga:  Sehari 1 Digit, Tambahan Kasus COVID-19 Bali Balik ke Belasan Orang

Sebagai tanda berkabung dan rasa hormat, Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Denpasar membuka Buku Belasungkawa bagi mereka yang ingin menuliskan ungkapan duka cita. Pembukaan buku belasungkawa dilakukan selama 6 hari, dari 1 hingga 6 Desember 2022, mulai pukul 9.00 hingga 11.00 WITA.

Bagi yang ingin menyampaikan duka cita, bisa mengunjungi Konsulat Jenderal RRT di Denpasar, Jl. Tukad Badung No. 8X Renon, Denpasar.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, jenazah mantan Presiden China Jiang Zemin telah diterima oleh Presiden Xi Jinping setibanya di Beijing pada Kamis (1/12) sore. Jenazah Presiden China periode 1993-2003 itu diterbangkan dengan pesawat khusus dari Shanghai menuju Bandar Udara Xijiao.

Baca juga:  Dramatari Tejaning Stri, Bukti Eksisnya Prembon di Kota Denpasar

Saat menerima jenazah Sekretaris Jenderal Partai Komunis China (CPC) periode 1992-2002 itu, Xi didampingi Perdana Menteri Li Keqiang, Ketua Majelis Permusyawaratan Politik China (CPPCC) Li Zhanshu, Ketua Kongres Nasional China (NPC) Wang Yang dan Wakil Presiden Wang Qishan.

Anggota Komite Tetap Biro Politik CPC pimpinan Xi yang terpilih dalam Kongres Nasional ke-20, yakni Li Qiang, Zhao Leji, Wang Huning, Han Zhen, Ding Xujexiang, dan Li Xi juga turut menjemput di bandara militer yang berlokasi di Distrik Haidian, Kota Beijing.

Baca juga:  Libur Lebaran Usai, Tambahan Kasus COVID-19 Nasional Naik dari Sehari Sebelumnya

Upacara perkabungan untuk mengenang Kamerad Jiang Zemin akan diadakan di Balai Agung Rakyat Beijing, pada 6 Desember 2022, demikian pengumuman Komite Pemakaman Jiang Zemin.

Sebelumnya komite tersebut mengumumkan pengibaran bendera China setengah tiang secara nasional dan di kantor-kantor perwakilan pemerintah China di luar wilayah Daratan. Sementara itu, semua halaman utama sejumlah media arus utama China berhiaskan hitam-putih.

Demikian pula dengan media-media sosial dan platform belanja daring, seperti Alipay dan Taobao, juga hitam-putih tidak seperti biasanya yang menampilkan produk-produk promosi berwarna-warni.

Jiang Zemin meninggal dunia akibat leukimia dan kegagalan multi-organ tubuh dalam usia 96 tahun di Shanghai, Rabu (30/11) siang. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *