Petugas membersihkan material pohon yang menimpa rumah warga hingga rusak parah. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Hujan deras yang melanda Karangasem lagi-lagi menimbulkan bencana alam, pada Selasa (22/11). Kali ini rumah Wayan Rauh yang berlokasi di Banjar Dinas Bukit Kauh, Desa Tenganan, Kecamatan Manggis, Karangasem tertimpa pohon kelapa hingga mengalami kerusakan parah.

Kabid Kedaruratan dan Logistik, Putu Eka Tirtana, mengungkapkan, bencana pohon kelapa tumbang terjadi pukul 02.00 WITA. Pohon hanya menimpa bangunan rumah ukuran 8 x 6 meter. “Saat kejadian, pemilik rumah tidur. Tidak ada korban jiwa dan luka-luka,” ucapnya.

Baca juga:  Pelaku Pariwisata Karangasem Hadapi Ratusan Wisdom "Cancel"

Eka Tirtana, mengatakan, pasca kejadian itu petugas telah melakukan evakuasi. Akibat kejadian itu, pemilik rumah mengalami kerugian sekitar Rp 10 juta dikarenakan atap rumahnya rusak parah. “Usai penanganan, kita langsung menyerahkan bantuan berupa sembako, matras, terpal, sarung, selimut, paket Rotary, kompor dan regulator,” tambah Eka.

Dia menghimbau, kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap pohon tumbang. Jauhi pohon besar yang sudah tua. Mengingat cuaca di Karangasem sejak beberapa hari terakhir cukup ekstrem. Terutama kecepatan angin sertai hujan. “Warga agar tetap berhati-hati dan waspada disaat cuaca ekstrem. Dilarang mendekati daerah tebing yang potensi terjadi longsor serta dekat pepohonan,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Mete Karangasem Kantongi IG, Sayang Pemkab Belum Kembangkan Secara Serius
BAGIKAN