Penyerahan bantuan dari PSNKK Kabupaten Jembrana bagi warga yang terdampak banjir di Jembrana, Jumat (11/11). (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Pasemetonan Prati Sentana Shri Nararya Kreshna Kepakisan (PSNKK) Kabupaten Jembrana, Jumat (11/11) menggelar kegiatan sosial kemanusiaan penyerahan bantuan bagi warga terdampak banjir bandang. Tiga titik lokasi disambangi perwakilan pengurus termasuk unsur paiketan istri dan Yowana PSNKK, yakni di Pemedilan, Kelurahan Dauhwaru, Desa Dangintukadaya dan Kelurahan Sangkaragung.

Secara spontanitas didapat dari punia semeton PSNKK se-Jembrana untuk membantu meringankan beban warga terdampak banjir. Bendahara PSNKK Jembrana, I Gusti Komang Sukatama mewakili Ketua PSNKK Jembrana, I Gusti Ngurah Sumber Wijaya mengatakan kegiatan sosial berbagi untuk warga korban banjir guna meringankan beban pascabencana.

Baca juga:  Truk Terguling di Cekik, Sempat Halangi Lalin

Kegiatan sosial ini mengawali kegiatan pengabenan dan memukur massal kolektif yang diadakan di Pasraman Shanti Yadnya Tegalasih pada Juni 2023. Memukur kolektif ini dilaksanakan tanpa dipungut biaya alias gratis oleh Pengurus Prati Sentana Shri Nararya Kreshna Kepakisan Kabupaten Jembrana.

Semua krama bisa mengikuti yadnya yang rutin digelar ini. Khususnya pesemetonan Puri di Jembrana diharapkan dapat bersatu mengikuti Yadnya ini.

Kegiatan pengabenan lan memukur kolektif gratis yang diperkirakan digelar sekitar Juni 2023 ini bertujuan mempererat jalinan pasemetonan serta meringankan beban terlebih pasca-pandemi COVID-19.

“Bantuan ini kita kumpulkan secara spontanitas dan hari ini kami serahkan langsung ke tiga lokasi terdampak banjir di Pemedilan, Sangkaragung dan Dangintukadaya,” ujar IGK Sukatama didampingi Sekretaris PSNKK Jembrana , I Gusti Agung Kirana Yasa.

Baca juga:  Gempa Situbondo, Lansia di Tegalbadeng Barat Patah Tulang

Penyerahan dilakukan di posko lokasi di BTN Pemedilan, Kantor Desa Dangintukadaya dan Kantor Lurah Sangkaragung. Penyerahan sejumlah paket uang tunai ini diharapkan dapat membantu beban warga yang terdampak banjir.

IGK Sukatama juga menyampaikan terkait dengan kegiatan pengabenan dan memukur massal gratis yang akan diselenggarakan sekitar Juni 2023 bertujuan untuk menunjukkan rasa gotong royong dalam pelaksanaan yadnya serta mengurangi beban ekonomi bagi masyarakat. Selain itu juga untuk mempererat silaturahmi semeton dan masyarakat pada umumnya. Kegiatan ini dapat diikuti Krama tanpa dipungut biaya.

Baca juga:  Raih People of The Year 2021, Dubes Korsel Ucapkan Selamat Untuk Gubernur Koster

Lurah Sangkaragung, I Putu Antara menyampaikan terima kasih atas bantuan dari PSNKK Kabupaten Jembrana ini. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir bandang. “Kami menyampaikan terima kasih, kami akan salurkan dan semoga dapat membantu warga untuk recovery, ” kata Lurah Sangkaragung.

Pihaknya juga akan menyampaikan ke krama terkait rencana kegiatan pengabenan lan memukur gratis yang rencananya digelar pada 2023 tersebut. (Adv/balipost)

BAGIKAN