Suasana saat rapat persiapan melasti yang akan dilaksanakan pada Sabtu (29/12), Kamis (27/12). (BP/ist)

 

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Lalu lintas (lalin) jalan bypass Prof. IB Mantra – Kusamba, tepatnya di Banjar Dukuh, Gelgel, Klungkung, Sabtu (29/12) besok, dilakukan pengalihan arus. Hal ini berkaitan dengan prosesi melasti dan upacara memasar serangkaian karya mamungkah, mupuk pedagingan, mapadudusan agung, metawur balik sumpah di Dalem Agung Pura Kawitan Pratisentana Shri Nararya Kresna Kepakisan (PSNKK).

Permakluman tersebut disampaikan Manggala Karya, I Gusti Agung Ngurah Sudarsana, SH.,MH., Kamis (27/12), usai paruman persiapan acara melasti.

Baca juga:  Langgar Lalin, WN Ukraina Dikejar Hingga Kuta Selatan

Masyarakat yang menggunakan jalan dari perempatan Kusamba (Patung Ida I Dewa Agung Istri Kanya) ke barat, hingga perempatan jalan bypass Prof. IB Mantra Pantai Watu Klotok, akan mengalami gangguan dengan iringan melasti ribuan orang. Diperkirakan, pemedek yang ikut melasti berasal dari seluruh Bali, dengan menggunakan empat barung gong beleganjur.

Pengalihan arus dilakukan dari dua jalur menjadi satu jalur, saat iringan melasti berjalan ke Pantai Watu Klotok sekitar pukul 08.00 wita, sekaligus arus baliknya dan saat upacara memasar sekitar pukul 14.00 wita, diperempatan tersebut.

Baca juga:  Anggota PJR Tangkap Maling HP Milik Turis

“Kami dari panitia karya mohon permakluman atas ketidaknyaman pengguna jalan IB Mantra – Kusamba, khususnya dari perempatan Patung Ida Dewa Agung Istri Kanya, Kusamba hingga perempatan Watu Klotok,” katanya.

Sementara itu, upacara melasti dari Pura Dalem Agung Kawitan PSNKK hingga Pantai Watu Klotok dilakukan dengan berjalan kaki. Selain melasti, juga dilakukan bhakti pakelem di tengah Segara Watu Klotok. (bagiarta/balipost)

 

Baca juga:  Hendak Menyalip, Mobil Tabrak Pembatas Kemudian Ditabrak Motor
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *