Kebakaran di Pelinggih Utama Meru Tumpang Tiga Pura Uluwatu, Badung pada Selasa (8/11) malam. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Rabu (9/11), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Sulinggih Sebut Ini Maknanya, Pura Terbakar saat “Blood Moon”

DENPASAR, BALIPOST.com -Terbakarnya Pelinggih Utama Meru Tumpang Tiga yang ada di Pura Uluwatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung membawa duka secara sekala dan niskala bagi Umat Hindu. Terutama pengempon pura tersebut.

Apalagi, kejadiannya terjadi tepat pada Rahina Purnama Kelima. Bahkan, bertepatan dengan terjadinya fenomena gerhana bulan total atau blood moon. Tentu kejadian ini memiliki makna tersendiri bagi umat Hindu di Bali.

Baca juga:  Eskalator Gangguan, IPL Milik JAS Difungsikan

Selengkapnya baca di sini

2. Kebakaran di Pura Uluwatu, Desa Pecatu akan Gelar Guru Piduka

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pascakebakaran yang melanda pelinggih utama, Meru Tumpang Tiga di Pura Uluwatu, pihak Desa Adat Pecatu, segera menggelar upacara guru piduka. Hal itu penting dilakukan, mengingat dalam waktu dekat, rangkaian hari raya akan mulai.

Menurut Bendesa Adat Pecatu, Made Sumerta, Rabu (9/11), pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak pengempon Pura yakni Penglingsir Puri Jro Kuta dengan melibatkan Ida Pedanda. Nantinya, kata Sumerta, akan dibicarakan seperti apa tahap dan prosesi berikutnya, sebelum nantinya dilakukan renovasi.

Selengkapnya baca di sini

3. Kebakaran di Pura Uluwatu, Petir Sempat Sambar “Pemedek” Sedang Pegang Tirta

Baca juga:  Dari Laka Maut di Bypass IB Mantra hingga Peringatan 20 Tahun Bom Bali I

MANGUPURA – Salah seorang umat Hindu yang bersembahyang (pemedek) di Pura Uluwatu sempat tersambar petir saat peristiwa kebakaran Pelinggih Utama Meru Tumpang Tiga, Selasa (8/11) malam. Ni Ketut Mira Andayani SH., asal Tabanan itu mengaku sangat terkejut saat petir menyambar.

Saat itu, dirinya tepat berada di bawah Meru, dan sedang memegang tirta. Tiba-tiba, petir menyambar hingga tempat tirta yang dipegang pecah.

Selengkapnya baca di sini

4. Pelinggih Utama Meru Tumpang Tiga Pura Uluwatu Terbakar

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pelinggih utama Meru Tumpang Tiga, yang ada di Pura Uluwatu, Kuta Selatan, Badung, terbakar, Selasa (8/11) malam. Kebakaran pelinggih ini, diduga akibat tersambar petir saat hujan lebat terjadi saat itu.

Baca juga:  Belum Ada Kejelasan dari Pusat, Klungkung Teruskan Karantina di Hotel untuk OTG-GR

Bendesa Adat Pecatu, Made Sumerta yang dikonfirmasi terkait kejadian tersebut, membenarkan pelinggih utama ini terbakar. Diperkirakan kebakaran terjadi sekitar pukul 21.00 WITA.

Selengkapnya baca di sini

5. Pohon Tumbang dan Jalan Jebol di Luwus, Jalur Denpasar-Singaraja Macet

TABANAN, BALIPOST.com – Kemacetan panjang terjadi di jalur Denpasar-Singaraja pada Rabu (9/11) malam. Kondisi ini diakibatkan pohon tumbang dan jebolnya jalan di Luwus, Baturiti.

Lokasi bencana ini tepat di sebelah selatan warung babi guling. Dari informasi yang dihimpun, tidak ada korban jiwa dilaporkan.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *