Sejumlah wisatawan mendaki Gunung Agung. (BP/Dokumen)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Dalam waktu dekat akan dilaksanakan upacara Pujawali Purnama Kalima di Pura Pasar Agung Besakih Giri Tohlangkir, Desa Sebudi, Kecamatan Selat. Selama upacara tersebut berlangsung, aktivitas pendakian ke puncak Gunung Agung lewat jalur Pasar Agung akan ditutup.

Bidang Publikasi, Informasi, dsn Komunikasi Pura Pasar Agung Besakih Giri Tohlangkir, I Wayan Suara Arsana, Jumat (4/11) mengungkapkan, penutupan pendakian ke puncak Gunung Agung lewat jalur Pura Pasar Agung ditutup sementara selama Pujawali Kelima. Penutupan berlangsung selama hampir 2 minggu.

Baca juga:  Pemasaran Ikan Mujair ke Karangasem Tersendat 

“Penutupan sementara aktivitas pendakian jalur Pura Pasar Agung berlaku mulai Minggu (6/11) hingga Hari Penyineban pada Sabtu (19/11). Kami mohon permakluman kepada wisatawan yang hendak mendaki,” ucap Suara.

Menurut Suara berdasarkan Lontar Purana Pura Pasar Agung, ketika Payogan atau Piodalan di Pura Pasar Agung, tidak boleh ada yang menginjak, dalam hal ini mendaki, atas gunung atau Lingga Ida Bhatara. “Jadi, mesti benar-benar steril dari aktivitas pendakian ke Giri Tohlangkir,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Gunung Agung Meletus, Penerbangan di Bandara Ngurah Rai Masih Normal
BAGIKAN