Wakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono saat membuka Latpraops Puri Agung 2022 di Puspem Badung. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Puncak kegiatan G20 semakin dekat dan persiapan pengamanan terus dimatangkan. Pada Kamis (3/11), Wakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono membuka latihan praoperasi (Latpraops) Puri Agung 2022 di Puspem Badung.

Kegiatan ini bertujuan untuk mematangkan kesiapan personel pengamanan G20 dan antispasi potensi kerawanan. “Saya baru saja membuka Latihan Pra Operasi Puri Agung 2022. Latpraops ini berlangsung mulai hari ini sampai Sabtu,” ujar Wakapolri Gatot Eddy.

Latpraops ini tujuannya, lanjutkan Komjen Gatot Eddy, untuk meningkatkan keterampilan anggota secara teknis sesuai dengan fungsinya dan bidangnya masing-masing. Disamping itu tentunya mereka juga harus tahu potensi-potensi kerawanan yang terjadi dimana mereka ditugaskan nanti, cara bertindak apa yang harus dilakukan, mejelang, saat dan pascakejadian G20.

Baca juga:  Tajen Digerebek, Soto Diamankan

“Kita akan berkolaborasi, kerja sama, berkoordinasi dan bersinergi dengan teman dari TNI, kementerian, lembaga, pemerintah daerah dan masyarakat termasuk pecalang yang ada di sini,” tegasnya.

Dengan demikian betul-betul melakukan langkah-langkah dan upaya-upaya untuk mengantisipasi semua potensi kerawanan yang ada. Potensi kerawanan itu hasil penyelidikan daripada fungsi intelejen merupakan gabungan dari kepolisian, TNI, BIN dan lembaga terkait lainnya. Diharapkan dengan teratasinya potensi kerawanan sejak dini, kegiatan G20 berjalan dengan aman dan lancar.
Kegiatan Operasi Puri Agung ini merupakan operasi terpusat melibatkan beberapa polda yaitu Polda Bali, Polda NTB dan Polda Jatim.

Baca juga:  Cegah Gangguan Kamtibmas Jelang KTT G20, Tim Gabungan Sidak Duktang

Jumlah anggota Polri 9.300 orang dan bersama-sama melakukan pengamanan. Oleh karena itu tahapan-tahapan ini harus dilakukan mulai persiapan personel, sarana prasarana dan kemampuan mereka menghadapi potensi kerawanan. Semua personel sudah masuk Bali, termasuk sarana prasarana. “Kendaraan listrik sudah disiapkan, mobil dan sepeda motor. Anggota juga sudah dilatih,” tandasnya.

Sementara Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Satake Bayu mengungkapkan Operasi Puri Agung 2022 berlangsung selama 10 hari, dari tanggal 8-17 November mendatang. Sedangkan tanggal 7 November 2022 akan ada gelar pasukan dan rencananya di Lapangan Puputan Margarana, Renon, Denpasar Timur. (Kerta Negara/balipost)

Baca juga:  Hadir Rapat Bahas Andal Tol Gilimanuk-Mengwi, Walhi Pertanyakan Pengganti Lahan Pertanian Dilintasi Trase
BAGIKAN