Suasana di rumah duka, Banjar Tegeh, Desa Angseri, Kecamatan Baturiti. (BP/man)

TABANAN, BALIPOST.com – Kabar duka menyelimuti keluarga besar Ketua DPRD Provinsi Bali, I Nyoman Adi Wiryatama. Ibu kandung Adi, Ni Wayan Suweca, tutup usia pada Minggu (23/10).

Almarhumah yang juga merupakan nenek dari Mantan Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, meninggal pada usia 95 tahun sekitar pukul 18.05 WITA. Saat ini jenazah sudah disemayamkan di rumah duka Banjar Tegeh, Desa Angseri, Kecamatan Baturiti. Sejumlah kerabat dan tokoh tampak mulai berdatangan melayat ke rumah duka, pada Senin (24/10).

Baca juga:  Ngamuk Bawa Pisau, Pande Cakra Diamankan

I Made Gede Dedy Pratama yang merupakan cucu almarhum sekaligus anak dari Ketua DPRD Bali mengungkapkan, kepergian sang nenek tidak karena sakit keras. Namun karena sudah usia.

Terlebih, sejak dua bulan terakhir sudah tidak bisa bangun dan hanya berbaring di tempat tidur. Ia mengatakan sebelum meninggal, pada Minggu siang sekitar pukul 13.00 WITA, dirinya sudah ada firasat bahwa nenek akan pergi untuk selamanya.

Baca juga:  Pohon Pala di Sangeh Tumbang, Satu Keluarga Terluka

Sebab sudah tidak bisa diajak ngobrol, bahkan 3 hari sebelum meninggal sudah diam saja. “Akhirnya Jam 13.00 WITA itu kami sekeluarga menunggu saja di Dumah, kemudian tepat pukul 18.00 WITA, almarhum pergi,” ujarnya.

Di mata sang cucu, mendiang adalah sosok wanita yang memberi banyak wejangan dan tegas dalam mendidik. Didikan sang nenek hampir sama dengan kakeknya I Made Bagiada yang dikenal sebagai guru silat. “Petuah yang paling selalu diingatkan adalah harus bisa menyatukan keluarga,” pungkasnya.

Baca juga:  Ibunda Bupati Eka Wiryastuti Tutup Usia

Selain itu banyak kenangan yang ditinggalkan bersama nenek, mengingat almarhum semasa hidupnya suka menginap di rumah seluruh cucunya secara bergantian. Dengan kepergian sang nenek, keluarga besar sudah mengikhlaskan karena keluarga sudah melakukan hal terbaik.

Sesuai rembuk keluarga besar Nyoman Adi Wiryatama upacara ibundanya akan dilangsungkan pada Jumat (28/10) mendatang. Upacara yang dilangsungkan adalah ngaben. (Manik/bisnisbali)

BAGIKAN