Petugas sedang melayani masyarakat yang mengajukan pembuatan paspor. (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Pemberlakuan masa berlaku paspor 10 tahun yang dimulai pada Rabu (12/10). Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia memaparkan, ada lima poin penting mengenai pemberlakuan paspor 10 tahun.

“Pertama, masa berlaku paspor biasa paling lama 10 tahun diberlakukan untuk semua jenis permohonan paspor biasa,” kata Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Widodo Ekatjahjana di Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (11/10).

Baca juga:  Lima PMI Asal Karangasem Kembali dari Ukraina

Ketentuan mengenai biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kemenkumham.

Kedua, pemberlakuan masa berlaku paspor biasa paling lama 10 tahun hanya diberikan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang telah berusia 17 tahun atau sudah menikah.

Berikutnya, subjek WNI yang tidak termasuk dalam ketentuan sebagaimana dinyatakan pada angka dua diberikan paspor biasa dengan masa berlaku paling lama lima tahun.

Baca juga:  Selama Sebulan, Imigrasi Ngurah Rai Layani Sebanyak 460 Permohonan Paspor

Keempat, pemberlakuan masa berlaku paspor biasa yang diterbitkan bagi anak berkewarganegaraan ganda tidak boleh melebihi batas usia anak tersebut untuk menyatakan memilih kewarganegaraannya.

Sebagai contoh, apabila usia anak tersebut 18 tahun saat penggantian paspor, maka masa berlaku paspor menjadi tiga tahun atau hingga ia menginjak usia 21 tahun.

Terakhir, calon pekerja migran Indonesia untuk pertama kali diberlakukan paspor dengan biaya nol rupiah dengan masa berlaku paling lama 10 tahun dan disertai surat rekomendasi dari instansi terkait berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 9 Tahun 2012. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Kenaikan Kasus COVID-19 Nasional Dekati Puncak Kedua
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *