Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta didampingi Sekda Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, jajaran Forkopimda dan kepala OPD terkait di lingkup Pemkab Badung mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2022 secara daring dari ruang Command Center Puspem Badung. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta didampingi Sekda Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, jajaran Forkopimda dan kepala OPD terkait di lingkup Pemkab Badung mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2022 secara daring dari ruang Command Center Puspem Badung. Upacara dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, berlokasi di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10).

Pada kesempatan itu, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta istri, mengunjungi Monumen Pancasila Sakti sebelum meninggalkan lokasi upacara. Upacara ini juga dihadiri secara langsung oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Ketua DPR RI Puan Maharani, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga:  Pembukaan Kampanye, Paslon Janji “Haramkan” Politik Uang

Seusai mengikuti seluruh rangkaian upacara, Bupati Nyoman Giri Prasta atas nama jajaran pemerintah, Forkopimda dan masyarakat Kabupaten Badung, menyatakan merasa bangga hidup di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) karena rasa persatuan di tengah keberagaman terjalin erat berkat pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan. “Bagi kami, Pancasila merupakan rumah kita bersama. Luar biasa sekali keberadaan Pancasila ini dan kita beruntung sekali diikat oleh nilai-nilai luhur Pancasila. Sehingga Hari Kesaktian Pancasila ini kita junjung tinggi,” ujarnya.

Baca juga:  Pencarian Pemancing yang Hilang di Teluk Benoa, Basarnas Kembali Terjunkan Penyelam

Ditambahkan Bupati Giri Prasta, keberadaan 4 Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika merupakan panutan bagi Kabupaten Badung maupun bagi pihaknya secara personal. “Bagi saya pribadi, 4 Pilar Kebangsaan merupakan harga mati untuk kita semua. Ini adalah buah karya daripada para pejuang kita dan kita sebagai generasi milenial sekarang ini sudah menikmati kemerdekaan sehingga kita harus mengisi kemerdekaan itu dengan baik,” tegasnya.

Baca juga:  Bandara dan Pelabuhan Tak Ditutup, Ini Alasannya

Sementara itu, menyikapi persoalan rongrongan ideologi Pancasila secara internal dan eksternal yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia, Bupati Giri Prasta menyebut, pihaknya sangat yakin dan percaya dengan Bapak Presiden Jokowi, TNI, Polri dan tokoh-tokoh Bangsa Indonesia lainnya sebagai penjaga Pancasila dalam rangka mewujudkan program mulia Indonesia Emas. “Kedepan Indonesia akan bisa menjadi sejati-jatinya Indonesia Raya,” imbuhnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN