Seniman mempertunjukkan Kesenian Penting di Taman Tirta Gangga, Karangasem. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Inovasi dan tawaran kesenian khas dihadirkan pengelola obyek wisata untuk menarik minat wisatawan berkunjung. Seperti yang dilakukan Pengelola Objek Wisata Tirta Gangga.

Pengelola Objek Wisata Tirta Gangga, Anak Agung Kosalia, Minggu (11/9), mengatakan pihaknya menampilkan pertunjukan Gamelan Penting bagi para pengunjung. Gamelan ini mulai ditampilkan sejak 4 September 2022.

Ia menyebutkan hiburan atau pertunjukan kesenian itu dilakukan setiap Minggu mulai dari pukul 11.00 WITA sampai 15.00 WITA. “Sekarang kembali ditampilkan. Ini penampilan yang kedua kalinya, karena sebelumnya sudah sempat sekali. Untuk pertama kalinya kita gelar acara ini, wisatawan sangat antusias menyaksikan. Bahkan ikut berinteraksi menari bersama penari Joged yang diiringi musik tradisional khas karangasem yaitu Kesenian Penting. Dan ini akan terus digelar setiap pekannya” ucapnya.

Baca juga:  Tour de Ijen 2018 Tempuh Jarak Lebih Panjang, 599 Kilometer

Kosalia menambahkan pihaknya menampilkan kesenian itu bertujuan menambah daya tarik wisatawan datang ke karangasem dan mengunjungi Taman Tirta Gangga. “Entertaiment ini gratis untuk semua wisatawan, artinya wisatawan cukup hanya membayar tiket masuk saja di depan dan tidak ada biaya tambahan apa-apa lagi. Karena kami juga bertujuan melestarikan kesenian ini yang sebelumnya nyaris hilang. Apalagi kesenian ini ada keterkaitannya dengan Kerajaan Karangasem. Saat itu etnik budaya Cina dan Jepang sudah masuk ke Karangasem,” jelas Kosalia. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Mendagri dan Menpar Hadir dalam Pawai PKB
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *