Suasana di salah satu stand UMKM yang ada di Sanfest 2022. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Moka yang merupakan sebuah layanan point of sales (POS) hadir di Sanur Village Festival (Sanfest) XV 2022 untuk memberikan kemudahan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melakukan pencatatan transaksi penjualan. Moka yang merupakan bagian dari GoTo Financial menyediakan solusi menyeluruh bagi pelaku UMKM yang memudahkan mereka berjualan secara luring maupun daring.

Sebanyak 150 UKM tercatat ikut meramaikan ajang Sanfest tahun ini. Mayoritas, yakni 130 tenant memanfaatkan sistem yang disediakan Moka.

Head of Marketing Commerce Enablement GoTo Financial, Karan Doeana mengatakan saat ini Moka telah dipercaya 45.000 mitra usaha di seluruh Indonesia. “Fitur Moka dapat mempermudah operasional bisnis seperti pencatatan transaksi penjualan, penerimaan pembayaran digital atau e-wallet, manajemen stok, laporan penjualan secara real time, terintegrasi dengan GoStore, dan masih banyak kegunaan lainnya,” katanya, Jumat (19/8).

Baca juga:  Selamatkan UMKM, Selamatkan Ekonomi Nasional

Menurut dia salah satu misi Moka sebagai bagian dari GoTo Financial adalah memberikan solusi yang dapat membantu bisnis UKM berkembang melalui digitalisasi. “Kami menyambut baik kolaborasi dengan Sanur Festival, Bali untuk mendukung digitalisasi UMKM lokal melalui fasilitas kasir digital Moka yang akan dimanfaatkan oleh ratusan UMKM tenant Sanur Festival. Sebagai platform POS terdepan, kami terus mengupayakan agar UMKM lokal dapat “go digital” dan berkontribusi pada pemulihan ekonomi nasional,” tuturnya dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga:  Ini Peraih Nilai Tertinggi Lomba Ogoh-ogoh di Denpasar

Ketua Yayasan Pembangunan Sanur IB Gede Sidharta Putra mengatakan sangat terbantu dengan keberadaan Moka di ajang festival tahunan tersebut. Sebab, selaras dengan cita-cita menjadikan Sanur sebagai desa wisata internasional kawasan digital.

“Kami telah bekerja sama dengan Bank Indonesia dan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) untuk mewujudkan keinginan tersebut secara bertahap dengan menyediakan QRIS sebagai kanal pembayaran,” kata Sidharta Putra yang juga Ketua Umum Sanfest.

Baca juga:  Pasien COVID-19 Melonjak, Sanksi Pidana akan Diterapkan

Kata dia QRIS menjadi salah satu solusi alat pembayaran digital yang cepat, mudah, murah, dan aman serta dapat diaplikasikan di seluruh sektor ekonomi. Selain itu, QRIS sebagai juga menjadi “game changer” untuk membangkitkan sektor pariwisata dan mendukung ekonomi yang pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *