Ni Made Sri Sutharmi. (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Anggaran dalam APBD Kabupaten Jembrana untuk ngaben kolektif di tiap Kecamatan diharapkan tetap dipertahankan. Bahkan bila memungkinkan ditambah sehingga dapat membantu desa adat dalam penyelenggaraan Yadnya guna meringankan warga.

Ketua DPRD Jembrana, Ni Made Sri Sutharmi, mengungkapkan DPRD mendukung program bantuan yang ditujukan untuk kepentingan umat ini sehingga tahun ini anggaran itu diminta tetap dipasang. “Bantuan untuk Ngaben Kolektif ini sudah sejak beberapa tahun ini dipasang, dan ini menurut kami sangat membantu bagi warga. Kami dorong tetap dipertahankan,” kata Sri Sutharmi.

Baca juga:  Palebon Cokorda Pemecutan Digelar Januari 2022

Tahun ini anggaran tersebut dipasang di masing-masing kecamatan (lima kecamatan) senilai Rp 275 juta. Di masing-masing Kecamatan dialokasikan untuk salah satu desa adat yang menggelar ngaben kolektif tersebut dan dapat diikuti lingkup satu kecamatan itu.

Bahkan menurut Sutharmi, bila memungkinkan agar anggaran itu ditambah. Program ini menurutnya sudah bergulir di pemerintahan sebelumnya dan sangat membantu masyarakat.

Selain Atma Wedana, Pitra Yadnya juga manusia Yadnya yang digelar secara kolektif. Untuk tahun ini, anggaran per Kecamatan Rp 275 juta. Naik dari sebelumnya Rp 200 juta saat di awal program dilaksanakan. (Surya Dharma/balipost)

Baca juga:  Usulan Anggaran Pilgub Bali Masih Dibahas Pemprov
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *