Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (BP/Dokumen Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Harga pangan sudah relatif stabil. Hal itu dikatakan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022 yang dipantau secara daring di Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Kamis (18/8).

“Kami melihat dari segi volatile food, harga pangan relatif terkendali dibandingkan kemarin, yang memang ada pula momen Lebaran sehingga terjadi kenaikan permintaan,” ucap Menko Airlangga Hartarto.

Baca juga:  Harga Mikol Impor Naik Signifikan, Lokal Mulai Diminati

Ia memerinci rata-rata harga beras saat ini masih kuat yakni sekitar Rp10 ribu per kilogram. Harga daging sapi pun sudah turun, begitu pula harga daging ayam, gula pasir, bawang merah, bawang putih, dan cabai merah.

Bahkan, harga daging ayam saat ini tercatat justru terlalu rendah yakni di bawah Rp20 ribu per kilogram. Meski begitu Menko Airlangga mengungkapkan masih terdapat 30 provinsi dengan realisasi inflasi pada Juli 2022 yang di atas nasional yakni 4,94 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) antara lain Jambi sebesar 8,55 persen, Sumatera Barat, 8,01 persen, Bangka Belitung 7,7 persen, serta Riau dan Aceh.

Baca juga:  Harga Pakan Tinggi, Budidaya Ikan Air Tawar Sulit Berkembang 

“Hal ini menjadi perhatian para gubernur untuk ikut menjaga melalui Tim Pengendalian inflasi Daerah (TPID) agar melakukan upaya ekstra agar stabilisasi harga dapat dijaga. TPID harus membuat beberapa program pengendalian inflasi yang adaptif dan inovatif,” jelasnya.

Sementara dari segi logistik Menko Airlangga menyebutkan Presiden telah meminta Menteri Perhubungan untuk meningkatkan frekuensi penerbangan agar biaya logistik maupun harga tiket untuk penumpang bisa menurun. “Langkah ini termasuk juga upaya restrukturisasi Garuda Indonesia untuk menambah pesawat. Pemerintah telah melakukan restrukturisasi Garuda yang kini berada dalam proses dan diharapkan jumlah pesawat dari Garuda bisa meningkat,” ujar Menko Airlangga Hartarto. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Jelang Idul Fitri, Harga Sembako di Denpasar Masih Stabil

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *