Beberapa anak mengibarkan bendera merah putih dalam upacara memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI di TK Alit Kirana, Senin (15/8). (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Taman Kanak-kanak (TK) Alit Kirana melaksanakan upacara bendera di Denpasar, Senin (15/8). Dalam upacara bendera tersebut, anak-anak berpartisipasi dipandu para guru.

Selain upacara bendera, mereka juga menggelar parade. Menurut Kepala Sekolah TK Alit Kirana, Putu Hermawati SPd, upacara ini dilakukan dengan tujuan untuk menumbuhkembangkan rasa nasionalisme sejak usia dini. Sehingga nantinya mereka mampu menciptakan semangat bela negara dan memupuk rasa persatuan serta kesatuan sejak dini.

Baca juga:  Baru Awal Tahun, Kerugian Akibat Bencana Alam di Karangasem Hampir Rp 1 Miliar

“Anak dapat tumbuhkan rasa nasionalisme. Anak mampu untuk menciptakan semangat bela negara, dan mampu menggalang rasa persatuan dan kesatuan sejak dini,” terang Hermawati.

Dalam menanamkan rasa nasionalisme, Hermawati memaparkan bahwa pihaknya mulai mengenalkan cara mengisi kemerdekaan itu. Seperti belajar dengan baik, menjalin persatuan antarsesama pelajar, dan lainnya.

“Kita kenalkan pada anak-anak tentang bagaimana cara mengisi kemerdekaan itu, seperti belajar dengan baik. Menjalin persatuan dan kesatuan antara sesama pelajar. Mampu memberikan contoh pada teman-temannya untuk menjaga dan membela negara,” paparnya.

Baca juga:  Polresta Denpasar dan Pemkot Rancang Layanan Angkutan Sekolah

Ke depannya diharapkan anak-anak mampu mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif. Seperti salah satunya menjadi pelajar yang merdeka, yang berguna bagi nusa dan bangsanya.

Ia menambahkan, selain upacara bendera, pada kali ini dilakukan juga parade. Anak-anak didampingi para guru berjalan beriringan melakukan parade sambil membawa bendera merah putih. (Eka Adhiyasa/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *