Warga menonton lomba gerak jalan yang dilaksanakan Pemkab Karangasem. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Warga Karangasem sangat antusias menyaksikan lomba gerak jalan tingkat SD sampai umum yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Karangasem. Ramainya warga yang menyaksikan kegiatan itu, membuat sampah berserakan di sejumlah lokasi yang dilintasi oleh peserta gerak jalan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Karangasem, I Nyoman Tari, Kamis (11/8) mengungkapkan, penambahan volume sampah mulai mengalami peningkatan sejak baru dimulainya perlombaan pada Senin (8/8). Ia mengungkapkan peningkatan yang terjadi hampir 10 persen dari hari-hari biasanya.

Baca juga:  Desa Bangah Gerakan Clean and Green Menuju Bebas Sampah Plastik

Sampah yang mendominasi adalah sampah plastik, berupa pembungkus snack, botol minuman mineral, dan lainnya. “Masyarakat sangat antusias menyaksikan hiburan itu, karena lama tidak ada lomba gerak jalan akibat pandemi COVID-19,” ucapnya.

Tari, menambahkan, kendati terjadi peningkatan secara volume, tapi tidak membuat petugas kebersihan kewalahan menangani sampah-sampah tersebut.

Sebab, pihaknya telah menyiapkan petugas untuk penanganan sampah di seputaran perkotaan. “Untuk ceceran sampah tidak hanya terjadi di tempat start peserta lomba gerak jalan saja, melainkan disepanjang yang dilintasi oleh para peserta. Untuk membersihkan itu, kita siapkan 50 petugas,” terangnya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Senderan Bengkel Amblas, Kerugian Ratusan Juta Rupiah
BAGIKAN