TPS 3R Desa adat Culik Banjar Dinas Batang,Desa Laba Sari, Kecamatan Abang yang terbakar , Rabu (3/8) malam. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – TPS 3R Desa adat Culik Banjar Dinas Batang, Desa Laba Sari, Kecamatan Abang yang terbakar, Rabu (3/8) malam. Kebakaran diduga ada warga setempat yang melakukan pembakaran sampah di TPS tersebut.

Kadis Damkar Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah, Kamis (4/8) mengungkapkan, peristiwa kebakaran TPS 3R Desa Adat Culik tersebut terbakar sekitar pukul 21.18 WITA. Petugas menerima laporan kebakaran dari Perbekel Desa Culik I Wayan Putu Sedana.

Baca juga:  Nyepi Momentum Sucikan Semesta, Mari Kurangi Penggunaan Sampah Plastik

“Menerima laporan, tim langsung bergerak menuju lokasi kebakaran. Tercatat kita turunkan 10 personil dan lima unit mobil Damkar untuk melakukan proses pemadaman kobaran api yang cukup besar itu. Air yang dipergunakan untuk memadamkan api sebanyak 23.000 liter,” ujarnya.

Siki Ngurah menambahkan, luas lahan yang terbakar mencapai 10 are. Untuk penyebab TPS dan lahan di dekat pemukiman warga terbakar karena ada warga yang melakukan pembakaran sampah di TPS tersebut.

Baca juga:  Korsleting, Mobil Tangki BBM Terbakar

“Warga yang ceroboh melakukan pembakaran. Ini sudah kesekian kalinya kejadian seperti ini terjadi. Kita harap, kedepan warga lebih berhati-hati bila melakukan pembakaran. Terlebih di dekat pembakaran merupakan lahan kering, itu sangat rentan karena rumput lebih mudah terbakar,” jelas Siki Ngurah. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN