Nakes menerima vaksinasi COVID-19 dosis keempat (booster kedua) di RSUP Prof. Dr. I.G.N.G. Ngoerah. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis keempat (booster kedua) untuk tenaga kesehatan (nakes) sudah dilakukan di RSUP Prof. Dr. I.G.N.G. Ngoerah. Pemberian vaksin booster 2 ini, telah mulai dilakukan Selasa (2/8) di RS yang dulunya bernama RSUP Sanglah itu.

Dari target per hari, ada sebanyak 200 nakes yang akan mendapatkan suntikan vaksin booster 2 menggunakan vaksin Moderna. Menurut Kepala Sub Bagian Humas RSUP Sanglah, Dewa Ketut Kresna, Vaksin Moderna dipilih karena pada booster pertama vaksin jenis tersebut yang digunakan.

Baca juga:  BPJS Kesehatan Ajak Pelajar Budayakan Hidup Sehat

Pemilihan tersebut sejalan dengan rekomendasi Kemenkes bahwa vaksin booster 2 menyesuaikan dengan jenis vaksin pada booster pertama. “Di RS Sanglah itu booster pertama memakai vaksin Moderna, sehingga harus Moderna juga keduanya,” ungkapnya, Rabu (3/8).

Lebih lanjut dikatakan, jumlah nakes di RSUP Prof. Dr. I.G.N.G. Ngoerah, ada sekitar 2.800 orang. Mereka secara bergiliran divaksinasi dosis keempat agar tidak mengganggu jam kerja nakes untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Kegiatan vaksinasi booster kedua nakes RSUP Prof. Dr. I.G.N.G. Ngoerah ini, juga dilakukan bersamaan dengan masyarakat umum yang melakukan vaksinasi booster pertama ataupun vaksinasi dosis 1 dan 2. Terkait pelaksanaannya yang berselang beberapa hari setelah diumumkan Menkes, Dewa Kresna mengatakan karena untuk itu perlu melakukan persiapan yang matang.

Baca juga:  Kantongi SK Desa Wisata, Desa Gunung Salak Terus Kembangkan Potensi Desa

Ia mengungkapkan, persediaan vaksin Moderna untuk para nakes telah dikirimkan Dinas Kesehatan Provinsi Bali sebanyak 800 dosis. Pemesanan akan dilakukan setiap 2-3 hari setelah persediaan mulai berkurang setiap harinya. “Mungkin perlu waktu 10 hari, karena kan ada saja yang berhalangan, karena hamil dan lainnya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Dr dr I Nyoman Gede Anom, MKes, menyampaikan, untuk di Bali, ada sebanyak 46.555 jumlah sasaran nakes yang akan divaksin booster 2. Dari total jumlah itu, terbanyak ada di Kota Denpasar yakni 17.321 nakes, kedua di Kabupaten Badung sebanyak 8.052 nakes. Sementara untuk Gianyar sebanyak 4.433, Tabanan 4.024, Buleleng 3.910, Karangasem 2.516, Jembrana 2.117, Klungkung 2.260, dan Bangli 1.922 nakes. (Yudi Karnaedi/balipost)

Baca juga:  Melonjak Lagi!! Tambahan Kasus Harian Positif COVID-19 di Bali Capai Puluhan Orang
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *