Gempa mengakibatkan sejumlah kerusakan di Karangasem. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tercatat ada puluhan unit bangunan yang mengalami kerusakan akibat dilanda bencana alam gempa bumi baru-baru ini. Untuk perbaikan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem mengusulkan bantuan ke Pemerintah Provinsi Bali.

Kepala BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, mengungkapkan, untuk bisa mendapatkan perbaikan, pihaknya akan mengusulkan ke Pemprov Bali. “Kalau yang rumahnya rusak ringan, itu bisa diperbaiki sendiri. Yang kami usulkan ke Provinsi adalah bangunan yang mengalami kerusakan sedang,” ucapnya.

Baca juga:  Dari Sistem Ganjil-genap Diberlakukan hingga Kera Serang dan Gigit Warga

Arimbawa, menambahkan, sesuai data yang dimiliki, tercatat ada sebanyak 34 unit bangunan yang rusak, 27 di antaranya terjadi di Desa Tianyar Barat. Sementara tujuh lainnya ada di Desa Tianyar.

Bangunan yang rusak itu, meliputi rumah, sanggah milik warga, fasilitas umum dan sekolah. “Kerusakan lebih banyak masuk kategori ringan. Untuk yang rusak sedang hanya beberapa saja,” katanya.

Dia, menghimbau, agar masyarakat di Kubu, terutama yang berada di daerah perbukitan seperti Desa Ban, Tianyar agar memperhatikan struktur bangunan. Biasanya, masyarakat setempat membangun rumah di tanah lapang perbukitan. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Gunung Agung Keluarkan Suara Gemuruh, Lima KK Ngungsi Ke Posko Tanah Ampo
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *