KMP Rodita kandas di Pelabuhan Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Minggu (24/7) malam akibat angin kencang. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Kapal KMP Rodita kandas di Pelabuhan Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Minggu (24/7) malam. Kapal mengalami kandas lantaran akibat tiupan angin yang cukup kencang di tengah laut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kapal yang kandas diketahui mengangkut puluhan penumpang bertolak dari Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kandasnya kapal terjadi sekitar pukul 21.00 Wita.

Setelah beberapa meter dari dermaga, kapal kandas ke sebelah kanan dermaga 1. Tidak ada korban dalam kejadian itu, namun sempat memicu kepanikan para penumpang.

Baca juga:  Warga Diminta Waspadai Angin Kencang dan Ombak Tinggi

Kepala Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin, saat dikonfirmasi terkait itu, membenarkan KMP Rodita kandas di Dermaga 1 Pelabuhan Padangbai.

“Ya KMP Rodita kandas. Kapal berlayar dari Pelabuhan Lembar pukul 17.00 WITA menuju Pelabuhan Padangbai. Tapi, saat akan sandar di Demaga 2, tiba-tiba angin laut bertiup sangat kencang. Kondisi itu membuat KMP Rodita gagal sandar dan terdampar di sebelah kanan Dermaga 1 Pelabuhan Padangbai,” ucapnya.

Baca juga:  Antisipasi Lonjakan Penumpang Jelang MotoGP Lombok, Puluhan Kapal Disiapkan di Padangbai

Suyasmin, menambahkan, untuk proses evakuasi sempat tertunda satu jam karena air laut sangat surut. Akan tetapi, ketika air laut sedang pasang, KMP Rodita sudah bisa sandar di dermaga II. “Semua penumpang selamat, termasuk juga sepeda motor dan mobil yang ada dalam kapal tidak ada yang rusak. Bongkar muat juga berjalan dengan aman dan lancar,” imbuh Suyasmin. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN