SAPI-Petugas melakukan vaksin cegah PMK pada sapi. (BP/Ist)

DENPASAR, BALIPOST. com – Dalam upaya pencegahan wabah PMK (penyakit mulut dan kuku) terhadap hewan sapi yang terjadi akhir-akhir ini, Satgas PMK Kota Denpasar gencar melakukan vaksinasi terhadap hewan sapi. Seperti yang dilakukan di Desa Padangsambian Klod melakukan vaksinasi terhadap hewan jenis sapi oleh petugas Dinas Pertanian Kota Denpasar. Di samping vaksinasi juga dilakukan penyemprotan disinfektan terhadap hewan dan kandang Sapi.

Perbekel Desa Padangsambian Klod Gede Wijaya Saputra, Minggu (10/7) mengatakan, petugas telah melakukan vaksin pada Jumat. Sedikitnya hewan yang divaksin dan di semprot sebanyak 98 ekor sapi yang ada di Desa Padangsambian Klod yang tersebar di 12 dusun.

Baca juga:  Ditetapkan Tersangka, Rekanan Pengadaan Masker Langsung Ditahan

Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus PMK tersebut. Selain itu juga memberikan rasa aman nyaman kepada warga masyarakat.

Pihaknya bersama Dinas Pertanian Kota Denpasar memberikan layanan vaksin secara door to door ke kelompok peternak. Namun sebelum vaksin diberikan pihaknya telah melakukan sosialisasi sehingga mengetahui¬† tempat dan jumlah vaksin yang disiapkan. “Dengan langkah tersebut secara cepat kegiatan ini dilakukan dan dapat menyasar seluruh peternak di Desa Padangsambian Kelod,” katanya

Baca juga:  Pedagang Pasar Buduk Temukan Bayi Laki-laki Dibungkus Tas Plastik

Menurutnya penyakit pada hewan ternak tersebut disebabkan oleh virus yang dapat menular melalu airborne, sehingga penyebarannya bisa sangat cepat hingga radius 10 km. Kondisi ini tentunya mendapatkan perhatian secara khusus dari Pemerintah.

Wijaya berharap tidak ada ternak sapi warga yang kena virus tersebut. Masyarakat pun merasa nyaman dan tenang. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN