Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov. (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov akan menghadiri pertemuan para menlu negara-negara G20 di Bali pekan depan. Demikian diketakan pejabat kedutaan besar Rusia di Indonesia, Selasa (28/6) dikutip dari Kantor Berita Antara.

Juru bicara kedubes Rusia di Jakarta, Denis Tetiushin, kepada Reuters memastikan bahwa Lavrov akan mengikuti pertemuan tingkat menteri luar negeri itu, yang akan berlangsung pada 7-8 Juli. Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI belum dapat memastikan kebenaran kabar itu.

Baca juga:  Kembangkan Pariwisata Bintan, BAI Gandeng Whitesky Aviation

Invasi Rusia ke Ukraina, yang disebut Moskow sebagai “operasi khusus”, telah membayangi ajang G20 tahun ini. Beberapa negara Barat mengancam akan memboikot pertemuan para pemimpin G20 kalau Presiden Rusia Vladimir Putin hadir pada pertemuan itu.

Partisipasi Rusia pada acara-acara G20 telah menjadi sumber ketegangan. Di antara ketegangan yang mengemuka adalah ketika para pejabat Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada melakukan aksi walkout ketika pertemuan ekonomi G20 berlangsung pada April.

Baca juga:  Obor Asian Games Dibawa Mendaki Ijen

Indonesia, sebagai ketua G20, selama ini berupaya untuk mempersatukan para anggota G20. Bahkan, telah mengundang pemimpin Rusia maupun Ukraina untuk menghadiri KTT G20 pada November

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bertemu dengan presiden Ukraina serta Rusia selama lawatannya ke Kiev dan Moskow pekan ini dengan membawa misi membangun perdamaian. Selama kunjungan itu, Jokowi juga berharap bisa membicarakan upaya membuka ekspor gandum. (kmb/balipost)

Baca juga:  Aceh “Mancing” Wisman di Pesta Kesenian Bali
BAGIKAN