Gubernur Bali Wayan Koster. (BP/Ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Komitmen Gubernur Bali, Wayan Koster untuk merayakan seluruh Rahina Tumpek di Bali terus diimplementasikan. Setelah sebelumnya mengeluarkan instruksi terkait Perayaan Rahina Tumpek Uye, Tumpek Wayang, dan Tumpek Landep, kini Gubernur Koster mengeluarkan Surat Instruksi Gubernur Bali Nomor 07 Tahun 2022 tentang Perayaan Rahina Tumpek Kuningan Dengan Upacara Atma Kerthi Sebagai Pelaksanaan Tata-Titi Kehidupan Masyarakat Bali Berdasarkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sad Kerthi Dalam Bali Era Baru.

Instruksi yang ditandatangani langsung oleh Gubernur Bali pada 3 Juni 2021 ini ditujukan kepada Pimpinan Lembaga Vertikal di Bali, Walikota/Bupati se-Bali, Bandesa Agung Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali, Bandesa Madya MDA Kota/Kabupaten se-Bali, Bandesa Alitan MDA Kecamatan se-Bali, Pimpinan Lembaga Pendidikan se-Bali, Bandesa Adat atau sebutan lain se-Bali, Perbekel dan Lurah se-Bali, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan dan Swasta se-Bali, dan seluruh masyarakat Bali.

Baca juga:  Gubernur Kumpulkan ASN dari Buleleng, Ini Alasannya

Dalam instruksi ini, Gubernur Koster meminta agar melaksanakan perayaan Rahina Tumpek Kuningan dengan upacara Atma Kerthi sebagai pelaksanaan tata-titi kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru. Mendorong semua pihak bersinergi secara goyong royong melaksanakan perayaan Rahina Tumpek Kuningan secara niskala dan sakala berdasarkan nilai-nilai adiluhung Atma Kerthi sesuai tata-titi kehidupan masyarakat Bali. Oleh karena itu, instruksi ini harus dilaksanakan dengan tertib, disiplin, dan penuh rasa tanggungjawab sebagai pelaksanaan Visi Pembangunan Daerah “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

Baca juga:  Gubernur Koster dan Wagub Cok Ace Sambut Kedatangan Perdana Ratusan Wisatawan China

Dasar pertimbangan dikeluarkannya Instruksi Gubernur Bali Nomor 07 Tahun 2021 ini, karena nilai-nilai adiluhung Sad Kerthi perlu dipahami, dihayati, diterapkan, dan dilaksanakan secara menyeluruh, konsisten, berkelanjutan dengan tertib, disiplin, dan penuh rasa tanggung jawab oleh seluruh masyarakat Bali sesuai dengan upaya mewujudkan Visi Pembangunan Daerah “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru. Selain itu, bahwa Rahina Tumpek Kuningan sebagai rangkaian dari Hari Raya Galungan, secara niskala telah berlangsung sesuai dresta masing-masing, namun dalam kegiatan sakala memerlukan penegasan sesuai tata-titi kehidupan masyarakat Bali yang menyatu dan menjaga keseimbangan dan keharmonisan antara alam, krama, dan kebudayaan Bali.

Baca juga:  Tim Futsal Bali Post Raih Juara Ketiga di Peradi Cup

Selain itu, Instruksi Gubernur Bali Nomor 07 Tahun 2022 ini dikeluarkan sebagai implementasi Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali, Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali, dan Peraturan Gubernur Bali Nomor 25 Tahun 2020 tentang Fasilitasi Pelindungan Pura, Pratima, dan Simbol Keagamaan, serta memperhatikan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 04 Tahun 2022 tentang Tata-Titi Kehidupan Masyarakat Bali Berdasarkan Nilai-nilai Kearifan Lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru. (kmb/balipost)

BAGIKAN