Syukuran peringatan HUT ke-65 Kodam IX/Udayana ditandai pemotongan tumpeng oleh Pangdam Mayjen TNI Sonny Aprianto. (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Syukuran peringatan HUT ke-65 Kodam IX/Udayana tahun 2022 dilaksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena lokasi kegiatannya di Pura Mengening, Tampak Siring, Kabupaten Gianyar, Jumat (27/5). Dipilihnya Pura Mengening karena merupakan tempat bersejarah Raja Udayana melakukan moksa atau lepas dari keterikatan dan terbebas dari kehidupan duniawi menuju kehidupan selanjutnya.

Kemashyuran Raja Udayana dalam pengembangan kebudayaan Bali dari aspek filsafat, agama, sosial budaya, hukum, gender, dan politik pemerintahannya yang sangat baik tersebut, juga tersiar pengaruhnya hingga ke wilayah Nusa Tenggara. Oleh karena itu dipilihlah nama Raja Udayana sebagai ikon Komando Daerah Militer untuk Bali dan Nusa Tenggara yang kini bernama Kodam IX/Udayana.

Baca juga:  Bali Bisa Gaet 30 Juta Wisman yang Batal Kunjungi Tiongkok

Dengan demikian nama Kodam IX/Udayana berkaitan erat dengan jejak sejarah kepemimpinan Raja Udayana dijadikan sebagai tauladan para prajurit Kodam IX/Udayana dalam melaksanakan tugas pengabdiannya di wilayah Bali Nusra.

Dalam sambutannya, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M. berharap peringatan HUT tahun ini bisa dijadikan sarana semakin menumbuhkan jiwa korsa dan rasa cinta serta memiliki terhadap satuan tempat mengabdi. “Jadikan momentum HUT ke-65 Kodam IX/Udayana melakukan introspeksi diri terhadap pelaksanaan tugas, sekaligus sebagai wahana untuk meningkatkan soliditas dan semangat pengabdian,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mayjen Sonny mengungkapkan, syukuran kali ini dirangkai dengan acara Wisuda Purnawira Prajurit Kodam IX/Udayana tahun 2022. Pangdam mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para purnawirawan yang telah menunjukkan loyalitas dan dedikasi selama mengabdi di TNI Angkatan Darat, khususnya di Kodam IX/Udayana.

Baca juga:  Kasusnya Dilimpahkan, Mantan Mensos Juliari Batubara Segera Disidang

“Harapan saya, walaupun para purnawirawan saat ini sudah tidak terikat lagi dengan kedinasan, namun hubungan silaturahmi agar tetap terjalin dengan baik diantara kita dan tetap menjadi prajurit Praja Raksaka sejati yaitu prajurit yang selalu mengayomi dan melindungi rakyat dalam kehidupan sosial kemasyarakatan,” harapnya.

Pangdam juga menyebutkan beberapa rangkaian kegiatan yang digelar dalam rangka HUT tahun ini, diantaranya bakti sosial vaksinasi dan donor darah, matur piuning di Pura Mengening, pitra puja I Gusti Ngurah Rai, penjamasan pataka di Pura Durga Kutri dan Zlziarah ke TMP Margarana, serta golf turnamen dan bakti sosial yang akan dilaksanakan pada 4 Juni mendatang.

Baca juga:  Soal Batalnya Bandara di Buleleng, Kemenhub Tak Tahu Studi WB

Sejumlah kegiatan yang dilaksanakan tersebut sangat relevan dengan tema peringatan HUT ke-65 Kodam IX/Udayana Tahun 2022 yaitu Kodam IX/Udayana Hadir di Tengah Masyarakat, Bersinergi untuk Mengatasi Kesulitan Rakyat di Tengah Pandemi Covid-19, Ciptakan Masyarakat Bali Nusra Aman, Damai dan Sejahtera. “Semoga makna yang terkandung dalam tema tersebut dapat menjadi inspirasi dan motivasi seluruh keluarga besar Kodam IX/Udayana,” tegasnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *