Pembinaan Duta Seni Gianyar yang akan tampil dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-44 Tahun 2022. (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Gianyar dipastikan tampil total dalam ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-44 Tahun 2022 di Art Centre, Denpasar. Kepala Dinas Kebudayaan Gianyar, I Gusti Agung Sri Widiawati, Senin (23/5), mengatakan Gianyar akan mengikuti delapan materi dengan anggaran sekitar Rp1,7 miliar.

Sri Widiawati mengungkapkan anggaran Rp1,7 miliar tersebut bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Rp500 juta dan APBD Gianyar sekitar Rp1,2 miliar. Anggaran tersebut lebih besar dibandingkan anggaran PKB tahun 2021 untuk Gianyar, yakni sekitar Rp1,2 miliar dengan realisasi Rp1.149.965.000.

Baca juga:  Anggaran Terbatas, Bangli Hanya Ikut 4 Materi PKB

Dijelaskannya, pada PKB 2022 ini, Gianyar akan mengirimkan duta-duta seni terbaiknya untuk mengikuti sejumlah lomba. Ini diantaranya dalam parade Gong Kebyar Anak-anak, Gong Kebyar Wanita dan Gong Kebyar Dewasa.

Sri memaparkan khusus PKB 2022 ini, akan dihadirkan 2 sekaa gong kebyar legendaris. Ini meliputi Sekaa Gong Dharma Kusuma Banjar Pinda, Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh dan Sekaa Gong Gunung Sari, Desa Peliatan, Kecamatan Ubud.

Baca juga:  Rambah Gianyar, Puluhan Ekor Babi Mati Mendadak

Kadisbud Gianyar menekankan untuk kategori lomba, duta dari Gianyar akan mengikuti lomba Baleganjur, Bapang Barong, Makendang Tunggal, Gender Wayang Anak-anak, Taman Penasar, Lomba Keputrian, Lomba Mewarnai , Seni Lukis Klasik Bali, Pidarta Bahasa Bali, dan Kerajinan. “Tahun ini dilaksanakan secara langsung dipusatkan di Art Center, dalam hal persiapan mengikuti acuan yang diberikan oleh Provinsi, tentunya tetap mentaati protokol kesehatan,” jelasnya. (Wirnaya/balipost)

Baca juga:  Pariwisata di Gianyar Lesu karena Wabah COVID-19, PLN Beri Kebijakan Khusus
BAGIKAN