Mayjen TNI Sony Aprianto, S.E., M.M. (BP/Dokumen)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Di Bali sejumlah rumah dinas (rumdis) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) ternyata masih banyak ditempati oleh para pensiunan prajurit TNI. Hal ini diungkapkan Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Sony Aprianto, S.E., M.M saat melakukan kunjungan kerja ke Kodim 1623/ Karangasem, Senin (9/5).

Sony menjelaskan di wilayah Denpasar pihaknya menemukan banyak rumah dinas TNI AD yang sampai sekarang masih dikuasai oleh prajurit TNI setingkat kolonel. Modusnya, dengan mengalihkan penguasaan rumah kepada menantu atau anak yang berstatus tentara aktif, sehingga rumah dapat dikuasai dalam jangka waktu yang panjang. “Kami segara melakukan langkah penertiban,” ucapnya.

Baca juga:  Markas Kodam Dikirimi Karangan Bunga

Menurut Sony penertiban itu akan dilakukan agar prajurit TNI yang masih aktif bisa menempati Rumdin tersebut. “Kita tak ingin, yang sudah pensiun menempati Rumdis itu, sedangkan yang masih aktif malah aktif tidak dapat rumah,” katanya.

Untuk penertiban rumdis tersebut, jelas Pangdam, bakal dilakukan dengan mengedepankan pendekatan humanis. Diawali dengan memberikan imbauan dan pendekatan kepada pihak yang menempati rumah dinas itu. “Perlahan pasti dibersihkan, namun tetap mengedepankan pendekatan humanis kepada pensiunan,” jelasnya.

Baca juga:  Kuota Pupuk Subsidi Masih Jauh dari RDKK

Lebih lanjut dikatakannya, pihaknya meminta kepada semua prajurit bisa hidup sederhana dan tidak hidup bermewah-mewahan, serta bisa menabung untuk hari tua. Yang paling penting, prajurit bisa membangun rumah untuk ditempati.

Karena rumah merupakan kebutuhan pokok. “Ketika pensiun nanti, mereka sudah mempunyai tempat berteduh,” pesannya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN