Suasana di Terminal 1 Bandar Udara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten, Jumat (6/5). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Jumlah penumpang per hari yang diperkirakan sekitar 140.000-150.000 orang, akan memadati Bandar Udara (Bandara) Soekarno Hatta (Soetta) di Tangerang, Banten pada masa puncak arus balik Idul Fitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022. Arus balik diprediksi mulai Sabtu (7/5) sampai Senin (9/5).

“Prediksi kami di angkutan Lebaran ini untuk arus balik itu kemungkinan 7, 8, 9 Mei 2022 untuk prediksi puncaknya itu,” kata Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno Hatta M Holik Muardi di Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Banten, seperti dikutip dari kantor berita Antara, Jumat (7/5).

Baca juga:  Bangun Runway III Bandara Soetta, AP II Investasikan Rp 2,6 Triliun

Holik menuturkan perkiraan puncak arus balik pada tanggal tersebut mempertimbangkan sejumlah faktor, antara lain berakhirnya masa liburan dan kemungkinan banyaknya para pekerja yang akan mulai masuk kerja pada Senin (9/5). “Untuk para pekerja kemungkinan banyak yang sudah masuk di hari Senin (9/5) dan untuk anak sekolah pun sudah mulai banyak yang masuk juga,” ujarnya.

Ia berharap kedatangan penumpang atau pemudik tidak terfokus pada tanggal tertentu saja, melainkan sebaiknya ada penyebaran untuk mengurangi penumpukan penumpang di terminal-terminal kedatangan dan keberangkatan. “Ada sebaran lah untuk penumpang sehingga tidak terjadi kepadatan di terminal,” tuturnya.

Baca juga:  Sikapi PHR, Ini Penegasan Wabup Badung

Bagaimanapun juga, pihak pengelola bandara siap mengantisipasi dan memitigasi terjadinya lonjakan penumpang di Bandara Soekarno Hatta.

Sementara, puncak arus mudik di Bandara Soekarno Hatta terjadi pada H-3 Lebaran dengan jumlah penumpang pesawat mencapai 141.000 orang. Pemerintah Indonesia tidak memberlakukan mudik Lebaran pada 2020 dan 2021 untuk memutus penularan COVID-19. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN