Suasana duka menyelimuti rumah almarhum Letda Cpm I Kadek Adi Suhardiyana di Peguyangan Kaja. Tampak ayah dan ibu almarhum menerima kunjungan dari anggota TNI. (BP/ara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Suasana duka menyelimuti rumah kediaman, Letda Cpm I Kadek Adi Suhardiyana, SH., di Banjar Umadesa, Peguyangan Kaja. Sejumlah anggota keluarga menunggu kedatangan jenazah almarhum yang diserahkan kepada keluarganya siang ini.

Sejumlah anggota TNI juga terlihat sedang melakukan gladi untuk persiapan upacara penyerahan jenazah almarhum. Upacara tersebut dilakukan di depan rumah almarhum, Jalan Dam Peraupan, Peguyangan Kaja.

Menurut paman almarhum, Nyoman Segara Yasa, kabar meninggalnya Adi secara detil belum diketahuinya. Pihaknya juga mengaku sudah menghubungi beberapa teman almarhum di Papua, namun tidak banyak yang mengetahui. Ia hanya mendapatkan infomasi karena kecelakaan.

Baca juga:  Rektor Ditahan, Mahasiswa Unud Dukung Kejati Bali lewat 4 Poin Pernyataan Ini
Prosesi upacara serah terima jenazah almarhum Letda CPM I Kadek Adi Suhardiyana di rumah duka Jalan Dam Peraupan, Banjar Umadesa, Peguyangan Kaja, Denpasar, Rabu (13/4). (BP/eka)

Terkait dengan persiapan upacara untuk almarhum, pihak keluarga berencana untuk menggelar ngaben pada Kamis (21/4). “Kami dari keluarga di sini sudah sempat bermusyawarah terkait pelaksanaan upacara palebon almarhum. Kami akan melakukan upacara l pada 21 Arpil mendatang,” ujarnya.

Sebelumnya, salah satu kendaraan pengamanan kunjungan kerja Kasad Jenderal TNI Dudung mengalami kecelakaan lalu lintas saat menuju Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Selasa (12/4) sekitar pukul 11.00 WIT. Akibat kecelakaan itu, Letda CPM I Kadek Suhardiyana meninggal dunia.

Baca juga:  KPU dan Bawaslu Bali Siapkan Data Lawan Permohonan Sengketa PHPU

Selain itu, dua orang lainnya mengalami luka-luka, yakni Prada Napitupulu (sopir) dan Roy Darsono (kontributor Metro TV di Merauke) dalam keadaan kritis.

Prajurit Pomdam IX/Udayana siaga disekitar peti jenazah almarhum Letda CPM I Kadek Adi Suhardiyana di rumah duka Jalan Dam Peraupan, Banjar Umadesa, Peguyangan Kaja, Denpasar, Rabu (13/4). Almarhum meninggal karena kecelakaan saat pengamanan kunjungan kerja Kasad TNI di Papua. (BP/eka)

Kapenrem 174/ATW Mayor Inf. La Haruni dikutip dari Kantor Berita Antara, membenarkan kejadian tersebut. Namun, bukan terjadi pada saat iring-iringan kendaraan Kasad.

Kendaraan yang ditumpangi anggota POM itu sempat mengalami masalah teknis saat di Yonif 755/Yalet sehingga tidak satu rangkaian rombongan Kasad. Setelah kendaraan tersebut selesai diperbaiki, langsung menuju ke Sota.

Baca juga:  Mayat Membusuk Gegerkan Warga Mendoyo Dauh Tukad

Namun, di jalan mengalami kecelakaan hingga seorang prajurit meninggal. Sesaat kejadian, tiga korban langsung dibawa ke RS Bunda Pengharapan Merauke. “Kasad sempat menjenguk korban di RS Bunda Pengharapan sebelum terbang kembali ke Jakarta,” kata La Haruni.

Diinformasikan pula bahwa jenazah Letda CPM Kadek, Selasa sore, diterbangkan ke Denpasar melalui Makassar untuk dimakamkan di kampung halamannya. Pelepasan jenazah Letda CPM Kadek dipimpin Danrem 174/ATW Brigjen TNI Reza Pahlevi. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN