Bupati Giri Prasta saat membuka Rakerda DPD KNPI Kabupaten Badung periode 2021-2024, Selasa (12/4). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan nasional dan daerah, terlebih saat ini Indonesia tengah mengalami bonus demografi, di mana jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) lebih besar daripada jumlah penduduk nonproduktif. Keberadaan pemuda juga menjadi tonggak pergerakan melakukan perubahan, termasuk dalam proses pembangunan yang ada di Kabupaten Badung.

“Kami selalu menggandeng KNPI untuk bersama-sama membangun Kabupaten Badung terlebih saat ini ada tagline KNPI Jaya Badung Sejahtera, sehingga kolaborasi ini kita lakukan dengan baik,” demikian disampaikan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Perwakilan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Badung periode 2021-2024, bertempat di Ruang Kriya Gosana Puspem Badung, Selasa (12/4).

Baca juga:  Dewan Perdakan Nama RSD Mangusada

Turut hadir, anggota DPRD Badung Gusti Agung Ayu Inda Trimafo Yudha, Ketua DPD KNPI Bali Nyoman Gede Antaguna beserta jajaran, perwakilan Disdikpora Badung, perwakilan Badan Kesbangpol Badung serta perwakilan organisasi kepemudaan di Kabupaten Badung.

Bupati Giri Prasta menambahkan, sebagai organisasi kepemudaan yang menjadi suri tauladan, semua elemen di KNPI Badung diminta selalu tegak lurus pada legalitas hukum yang diakui Kemenkumham RI dalam menyikapi isu dualisme kepengurusan KNPI Pusat. “Terkait adanya isu perpecahan pengurus KNPI, kami tegak lurus dengan yang diakui pemerintah melalui Kemenkumham,” jelasnya.

Terkait kondisi belum adanya kantor sekretariat yang dimiliki oleh DPD KNPI Badung, Bupati Giri Prasta mempersilakan Ketua DPD KNPI Badung bersama jajarannya untuk mensurvei dan memilih fasilitas bangunan yang dimiliki oleh Pemkab Badung, seperti ruangan lantai III di Balai Budaya Giri Nata Mandala, ataupun salah satu bangunan perumahan Praja Kabupaten Badung yang masih sangat representatif untuk difungsikan sebagai kantor sekretariat. “Kalau mau dipakai itu akan menjadi sebuah kebanggaan bagi kami, karena bagaimanapun itu anggota KNPI Badung merupakan anak-anak kami semua,” pungkasnya.

Baca juga:  Bupati Giri Prasta Terima Audiensi Yayasan Gases

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Badung Made Tomy Martana Putra mengungkapkan, pihaknya berharap DPD KNPI Badung mampu bersinergi dengan pemerintah kabupaten untuk merealisasikan program kerja positif dalam memajukan pemuda, masyarakat dan daerah. “Kami juga merasa sangat gembira karena Rapat Kerja Daerah DPD KNPI Kabupaten Badung periode 2021-2024 dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Bupati Badung Nyoman Giri Prasta yang merupakan tokoh pemimpin idola kaum milenial saat ini,” tandas pemuda asal Pecatu, Kuta Selatan ini.

Baca juga:  Badung Bebaskan Biaya PDAM Selama Tiga Bulan

Ketua DPD KNPI Bali Nyoman Gede Antaguna juga berharap rakerda ini mampu mendorong perkembangan KNPI Badung ke depan. Pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Giri Prasta karena masih menyempatkan diri untuk memberikan perhatian yang begitu besar bagi perkembangan anak muda. (Adv/balipost)

 

BAGIKAN