Senpi dinas Polresta Denpasar diupacarai saat rahina Tumpek Landep. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Rahina Saniscara Kliwon Landep dilaksanakan upacara Tumpek Landep di Mapolresta Denpasar, Sabtu (9/4). Dari mobil dinas dan senjata api (senpi) diupacarai.

Kapolresta Denpasar AKBP Bambang Yugo Pamungkas turut menyaksikan upacara tersebut. Ia sangat mengapresiasi karena Bali yang kental dengan budaya dan tradisi unik ini sangat menghormati alam dan sekitar, sehingga kehidupan selalu berjalan harmonis.

Kasi Humas Polresta Denpasar Iptu Ketut Sukadi mengatakan, Tumpek Landep merupakan hari pemujaan kepada Sang Hyang Siwa Pasupati sebagai dewanya taksu. Tujuannya untuk meminta atau memohon kepada Ida Sang Hyang Siwa Pasupati agar diberi ketajaman pikiran.

Baca juga:  Kapolresta "Warning" Berkembangnya Ormas

Begitu pula dengan senpi dan kendaraan operasional diupacarai sebagai wujud syukur atas sarana serta prasaran yang telah menunjang tugas-tugas kepolisian, sehingga dapat berguna saat memberikan pelayanan pengamanan kepada masyarakat. “Rahina Tumpek Landep kali ini dipuput pemangku I Gusti Ngurah Kariyasa. Bapak Kapolresta Denpasar sejak pagi turut serta hadir dan menyaksikan,” ujarnya.

Kata Sukadi, Polresta Denpasar dan jajarannya rutin melaksanakan upacara Tumpek Landep untuk meningkatkan srada bakti personel, memohon ketajaman pikiran, keselamatan sarana dan prasarana yang digunakan sehari-hari. (Kerta Negara/balipost)

Baca juga:  Kapolresta Soroti Premanisme Hingga Tajen
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *