Telkomsel meningkatkan dan menyiagakan jaringan dan layanan pelanggan untuk RAFI 2022. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Ramadan dan Lebaran pada tahun ini merupakan masa transisi pandemi COVID-19. Pemerintah pun memberikan kelonggaran saat Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) serta mudik.

Kondisi ini pun diantisipasi operator telekomunikasi dengan memperkuat jaringan dan layanannya. Khususnya untuk Telkomsel, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, memperkirakan trafik mengalami peningkatan di momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2022 jika dibandingkan hari normal.

Trafik layanan data/broadband diprediksi akan tumbuh sebesar 9,4%, serta trafik layanan panggilan suara diproyeksi akan mengalami penurunan sebesar 9,3% dan SMS tumbuh sekira 4,1%. Sedangkan untuk aktivitas layanan digital masyarakat juga diperkirakan juga akan meningkat selama RAFI 2022, seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekira 7,5%, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 21,3%, layanan streaming video meningkat sekira 15,3%, layanan mobile gaming melonjak hingga 34,9%, akses browsing naik 17,8%, serta akses layanan e-commerce yang juga tumbuh sekira 18,4%.

“Ramadan selalu menjadi bulan suci yang paling dinanti kehadirannya oleh seluruh umat muslim, terutama di Indonesia. Untuk itu, sebagai upaya membuka peluang lebih luas bagi seluruh pelanggan agar lebih optimal dalam menjalankan berbagai aktivitas digital untuk berbuat kebaikan dan mendukung ibadah, Telkomsel sebagai leading digital telco di Indonesia, melalui kepemimpinan teknologi dan solusi digital inovatif akan mengambil peran terdepan menghadirkan semangat #SambungkanSenyuman untuk merayakan bulan Ramadan dan Idulfitri dengan penuh optimisme. Melalui inisiatif ini, kami ingin terus mendampingi masyarakat dalam melewati berbagai tantangan di tiap fase kehidupan melalui pemanfaatan teknologi terdepan,” katanya, Kamis (31/3).

Baca juga:  Tangkal Dampak Negatif ke Generasi Muda lewat #InternetBAIK

Dalam keterangan virtualnya, dijelaskan guna memastikan seluruh jaringan broadband yang telah dipersiapkan dapat berjalan prima dan ketersediaan seluruh produk dan layanan tetap terjaga, Telkomsel menghadirkan Posko Virtual untuk mendukung aktivitas pengamatan dan penanganan jaringan serta pengamanan distribusi produk dan layanan, yang dilakukan baik secara hybrid. Implementasi virtual monitoring ini merupakan bentuk implementasi keberlanjutan dari transformasi digital Telkomsel melalui penerapan cara kerja baru untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengawasan jaringan di momen RAFI 2022.

Mengantisipasi hal tersebut, secara keseluruhan proses optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel akan difokuskan di 500 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia, yang mencakup 104 area residensial, 4 rumah sakit utama rujukan COVID-19, 56 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan), 299 area spesial seperti pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan, 19 area jalur mudik, serta 18 masjid raya. Telkomsel juga telah melakukan rangkaian uji jaringan, termasuk di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 15.371 km, terutama memastikan kualitas dan ketersediaan jaringan yang menjangkau 64 ruas jalan tol utama di seluruh Indonesia.

Direktur Network Telkomsel Nugroho menyebut Telkomsel telah melakukan upaya penguatan kualitas jaringan dengan melakukan peningkatan kapasitas 155 unit BTS 4G/LTE dan melakukan penambahan sebanyak 284 unit BTS 4G/LTE baru, mengoperasikan tambahan 60 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) seluruh wilayah POI RAFI 2022, melengkapi total lebih dari 255.000 unit BTS Telkomsel yang sebagian besarnya telah didukung teknologi broadband 4G/LTE dan menjangkau 96% wilayah populasi di Indonesia. Hingga Maret 2022 ini, Telkomsel bersama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo juga telah merampung pembangunan sekira 2750 BTS USO berteknologi 4G/LTE dari target pembangunan 7.772 BTS Universal Service Obligation (USO) 4G/LTE sepanjang tahun ini.

Baca juga:  Albesia Timpa Bangunan dan Jaringan Listrik di Tegallalang, Kerugian Puluhan Juta Rupiah

Di samping itu, guna memastikan kenyamanan lebih bagi pelanggan dalam berkomunikasi maupun mengakses layanan data selama Ramadan tahun ini, Telkomsel turut menambah kapasitas sekira 932 Gbps untuk GGSN (Gateway GPRS Support Node) sehingga total kapasitas menjadi 10.032 Gbps. Sedangkan untuk Internet IX ada penambahan kapasitas sebesar 290 Gbps, sehingga total kapasitas menjadi 6.390 Gbps. “Telkomsel sendiri mulai Maret 2022 telah memastikan proses upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten hingga akhir tahun. Proses telah dilakukan secara bertahap, dimulai Maret 2022 ini,” paparnya.

Sementara itu, Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit menjelaskan dalam rangka menambah keseruan untuk membangun optimisme masyarakat agar dapat #SambungkanSenyuman di setiap fase kehidupan, Telkomsel memastikan ketersediaan produk dan layanan, menghadirkan berbagai program loyalitas serta promo produk unggulan yang customer-centric untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus keseruan dalam mendukung gaya hidup digital selama momen RAFI tahun ini. Seluruh saluran customer care Telkomsel mulai dari call center 188 serta layanan online melalui akun resmi media sosial asisten virtual di berbagai platform instant messaging terkemuka dan GraPARI Online siap beroperasi 24 jam melayani kebutuhan pelanggan.

Baca juga:  Telkomsel Resmi Operasikan 5G, Salah Satunya di Denpasar

Selain itu, Telkomsel juga telah menyiagakan 394 GraPARI dan lebih dari 420.000 mitra outlet di seluruh Indonesia, yang akan melayani kebutuhan produk dan layanan terdepan secara offline (walk-in) selama momen Ramadan dan Idulfitri tahun ini. Untuk pelanggan setia, Telkomsel menghadirkan program loyalitas meliputi beragam program penawaran seperti promo pembelian paket dengan cashback di aplikasi MyTelkomsel melalui beragam mitra pembayaran digital, Telkomsel Poin Flash Sale bekerja sama dengan sejumlah mitra device yang dikemas di dalam program bundling smartphone BundlingMAX, diskon belanja online yang berkolaborasi bersama para mitra e-commerce, penukaran Telkomsel Poin untuk merchandise menarik di sejumlah titik Posko Siaga Telkomsel, program Kejutan Poin extra 27GB, Undi Undi Hepi special Ramadhan berhadiah 1 unit Honda HRV, 1 unit Honda City Hatchback, 11 Sepeda Motor serta pulsa dan LinkAja serta pulsa dengan total jutaan rupiah, hingga reward spesial 27 tahun Telkomsel khusus bagi pelanggan setia.

Telkomsel akan melakukan serangkaian momen berbagi kebahagiaan kepada penerima manfaat yang membutuhkan dengan memberikan bantuan kepada 270 masyarakat duafa kondisi sakit, 2.700 masyarakat duafa yang mendapatkan paket buka puasa/sahur gratis, 2.700 masyarakat duafa yang mendapatkan paket bantuan sembako, 270 guru honorer, 27 masjid raya, serta 270 yayasan, panti jompo, disabilitas dan tunanetra. Bantuan yang diberikan oleh Telkomsel di antaranya makanan buka puasa dan sahur gratis, dana sosial, bantuan alat ibadah, serta paket sembako. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN