Suasana piodalan Saraswati di Universitas Warmadewa, Sabtu (26/3). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Universitas Warmadewa (Unwar) sebagai salah satu perguruan tinggi di Bali menggelar piodalan pada rahina Saniscara Umanis Watugunung yang jatuh pada Sabtu (26/3). Pada hari ini, umat Hindu merayakan Hari Raya Saraswati, hari turunnya ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan ke bumi.

Dekan FISIP Unwar, Drs. I Wayan Mirta, M.Si., selaku Manggala Karya pada piodalan kali ini menyampaikan kegiatan piodalan rutin ini dilaksanakan oleh tempekan pemaksan FISIP Unwar. Rangkaiannya telah dilaksanakan sejak 22 Maret yang lalu dengan ngaturang ngayah oleh panitia inti, serta dibantu oleh semua tempekan fakultas yang ada di lingkungan Unwar. “Sehingga tepat pada hari ini dilaksanakan upacara Hari Sanghyang Aji Saraswati yang diharapkan berjalan dengan baik tanpa kekurangan satu apapun,” ujarnya.

Baca juga:  Umanis Galungan, Polisi Amankan Objek Wisata

Ditambahkannya, jika pada tahun lalu dilaksanakan dengan keterbatasan karena situasi pandemi Covid-19, bersyukur pada piodalan kali ini diberikan kelonggaran sehingga bisa dilaksanakan tanpa ada keterbatasan. Dengan demikian, kedepannya diharapkan piodalan bisa dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya pandemi.

Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK., mengatakan Hari Raya Saraswati merupakan hari yang sangat istimewa, karena pada hari raya ini turunnya ilmu pengetahuan. Diharapkan bisa memberikan inspirasi kepada seluruh civitas akademika Unwar beserta karyawan untuk berbenah diri dan meningkatkan kebijaksanaan dalam segala tugas yang diemban.

Baca juga:  "Graduation Day" WIP Bacth 6 FS Unwar

“Dan apa yang kita angan-angankan ke depan bisa selamat tercapai, dan hakikat dari memperingati Hari Raya Saraswati adalah untuk melaksanakan esensi dari hari turunnya ilmu pengetahuan yang wajib diterapkan oleh semua umatnya,” ucap Prof. Widjana.

Sementara Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si saat hadir dan ngaturang bakti piodalan Saraswati di Kampus Unwar mengucapkan selamat merayakan Hari Saraswati. “Atas nama Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali sebagai badan pengelola Universitas Warmadewa, Warmadewa Collage, Warmadewa Properti, SMK Warmadewa dan PAUD Warmadewa, saya mengucapkan selamat merayakan Hari Saraswati untuk umat Hindu yang kita maknai sebagai simbol turunnya ilmu pengetahuan dalam bentuk pencerdasan dan pencerahan dari kegelapan menuju dunia yang terang begitu juga kebodohan menjadi ketajaman dalam kita berpikir, dalam menghadapi semua permasalahan,” ucapnya. (bns/balipost)

Baca juga:  Belajar di Rumah Diperpanjang, Kampus di Bali Belum Terpengaruh
BAGIKAN