Presiden Joko Widodo. (BP/iah)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Jumat (25/3), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Jokowi Ngaku Sedih, Anggaran Digunakan Beli Barang Impor Semua

DENPASAR, BALIPOST.com – Presiden Joko Widodo mengaku sedih karena Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta anggaran BUMN digunakan membeli barang impor semua. Ia pun memerintahkan agar 40 persen anggaran belanja digunakan untuk membeli produk dalam negeri untuk memicu pertumbuhan ekonomi. Hal ini diutarakannya dalam Pengarahan Presiden RI Tentang Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia, Jumat (25/3).

Hadir dalam acara yang diselenggarakan di Nusa Dua itu, para menteri, gubernur, bupati, maupun wali kota se-Indonesia. Juga direksi dari BUMN

Selengkapnya baca di sini

2. Dugaan Penyerobotan Lahan Dipertanyakan Giri Prasta, Bendesa Ungasan Buka Ruang Komunikasi

Baca juga:  Tambahan Harian Kasus COVID-19 Kembali Naik di Atas 170 Orang, Jumlah Korban Jiwa Turun dari Sehari Sebelumnya

MANGUPURA, BALIPOST.com – Dugaan penyerobotan lahan dilaporkan Satpol PP Badung pada 13 Januari 2021. Kasus ini juga sempat dipertanyakan proses hukumnya oleh Bupati Badung, Giri Prasta ke Kapolresta Denpasar, AKBP Bambang Yugo Pamungkas pada Selasa (22/3).

Menyikapi persoalan ini, prajuru dan tokoh masyarakat Desa Adat Ungasan, menggelar paruman di Gedung Serba Guna, Desa Adat Ungasan, Kamis (24/3). Menurut Bendesa Adat Ungasan, Wayan Disel Astawa, rapat tersebut digelar untuk mencari solusi terbaik atas permasalahan tersebut, dengan harapan dapat diselesaikan dengan cara musyawarah mufakat.

Selengkapnya baca di sini

3. Percakapan dengan Investor Dibuka di Persidangan, Dewa Puspaka Sempat Membantah

DENPASAR, BALIPOST.com – Percakapan antara Dewa Ketut Puspaka (DKP) dengan investor dalam rencana pembangunan terminal LNG di Celukan Bawang, pembangunan Bandara Internasional Bali Utara dan penyewaan lahan di Desa Adat Air Sanih, dibuka JPU Eko Purwanto dkk., Jumat (25/3). Sidang mengagendakan pemeriksaan DKP sebagai terdakwa di Pengadilan Tipikor Denpasar.

Baca juga:  Libur Panjang, Kunjungan ke Nusa Penida Melonjak

Dalam kedudukannya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan duduk sebagai Pejabat Sekda Buleleng, DKP ditanya soal kenal dengan sejumlah pengusaha seperti dengan Devi Maharani, Budi, Sukojo, Sukawan Adika, Kadek Sarjana. DKP mengaku kenal, di antaranya pernah ketemu terkait pembangunan terminal LNG, Bandara Bali Utara dan sewa lahan di Air Sanih.

Selengkapnya baca di sini

4. Bencana Landa Gilimanuk, Dua Pelinggih Ambruk dan Belasan Rumah Kebanjiran

NEGARA, BALIPOST.com – Hujan lebat yang disertai angin kencang terjadi di Kelurahan Gilimanuk, Jumat (25/3) dini hari. Hal ini mengakibatkan bencana banjir.

Sebanyak 13 rumah warga di Lingkungan Samiana terendam dan dua pelinggih milik 2 KK di Lingkungan Jineng Agung ambruk diterjang banjir. Lurah Gilimanuk, IB Tony Wirahadikusuma, mengaku sudah meninjau bencana tersebut.

Baca juga:  Dari Pengelola Rela Jual Aset Demi Pakan Satwa hingga Lima Tersangka Ditetapkan Langsung Ditahan

Selengkapnya baca di sini

5. Dalami Dugaan Kerugian Ratusan Miliar, LPD Sangeh Digeledah

MANGUPURA, BALIPOST.com – Tim penyidik dari Kejati Bali, Jumat (25/3) melakukan penggeledahan di LPD Desa Adat Sangeh, Badung. Penyidik ingin mencari dokumen dan bukti pendukung lainnya terkait dugaan korupsi dana LPD yang nilainya sangat pantastis, yakni sekitar Rp 130 miliar.

“Penyidik pada bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Bali berdasarkan surat perintah dari Kepala Kejaksaan Tinggi Bali tanggal 16 Maret 2022, melaksanakan penyidikan umum atas dugaan Tindak Pidana Korupsi Dalam Pengelolaan Lembaga Pekreditan Desa (LPD) Adat Sangeh,” ucap Kasipenkum Kejati Bali, A. Luga Harlianto, Jumat (25/3).

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *