Bangunan Bale Gong Pura Puseh Desa Adat Dukuh roboh akibat diterpa angin kencang. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Angin kencang yang melanda Karangasem, pada Selasa (22/3) hingga Rabu (23/3), kembali mengakibatkan bencana alam. Kali ini, sebuah bangunan Bale Gong yang berlokasi di Desa Adat Dukuh, Kelurahan Padangkerta, Karangasem roboh. Akibat kejadian itu, kerugian disinyalir mencapai ratusan juta rupiah.

Kalak BPBD Karangasem, IB Ketut Arimbawa, mengungkapkan, bencana itu terjadi pada Selasa (22/3), sekitar pukul 16.00 WITA. Sebelum kejadian, wilayah tersebut diterpa angin kencang.

Baca juga:  Poltekpar Bali¬†Sukses Gelar Studium Generale Bersama PTNP

Di sana pihaknya telah melakukan asesment dari dampak bencana angin kencang tersebut.

“Akibat terjangan angin kencang itu, mengakibatkan sebuah bangunan Bale Gong Pura Puseh Desa Adat Dukuh roboh. Selain itu juga, peyengker (paduraksa) dan bale gong juga rusak. Akibat kejadian itu, kerugian materiil kurang lebih diperkirakan mencapai Rp100 juta,” ucapnya.

Arimbawa menambahkan, kerusakannya yang dialami, masuk kriteria Pergub dan masuk kategori rusak berat. Untuk itu, selanjutnya pihaknya akan fasilitasi untuk pengajuan proposal bantuan. “Kita ajukan ke provinsi untuk mendapatkan bantuan,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Selancar Angin Susah Lakukan Regenerasi
BAGIKAN