Suasana pembelajaran tatap muka salah satu sekolah di Kabupaten Bangli. (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Pemkab Bangli berencana menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) seratus persen bulan depan. Perkembangan kasus COVID-19 yang saat ini sudah melandai menjadi pertimbangan Pemkab untuk melaksanakan kembali PTM seratus persen di sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bangli, Komang Pariartha mengatakan, saat ini kegiatan pembelajaran sekolah di Bangli masih dilaksanakan secara terbatas dengan menghadirkan 50 persen siswa. Sesuai ketentuan dengan status PPKM level 3, sekolah di Bangli dapat melaksanakan PTM terbatas dengan kapasitas 50 persen.

Baca juga:  Tiga Dusun di Kintamani Kesulitan Air Bersih

“Berdasarkan monitoring langsung maupun laporan yang kami terima dari sekolah-sekolah, pelaksanaan PTM 50 persen berjalan lancar. Tidak ada masalah. Sementara ini juga tidak ada yang stop,” ujanya.

Seiring menurunnya kasus Covid-19 di Bangli akhir-akhir ini, Pariartha mengaku pihaknya merencanakan untuk kembali pelaksanaan PTM 100 persen mulai 1 April mendatang. Namun demikian pihaknya masih menunggu surat edaran (SE) Gubernur Bali terkait hal itu. “Kami masih tunggu SE Gubernur. Kalau dalam SE gubernur itu 100 persen nanti kami akan siapkan untuk pelaksanaan PTM 100 persen,” kata Pariartha didampingi Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar I Wayan Gede Wirajaya ditemui belum lama ini.

Baca juga:  Diskes Bali Edukasi Penggunaan Alat Kesehatan dan PKRT

Disampaikannya bahwa hampir semua orang tua, dan guru sangat berharap PTM di Bangli bisa kembali dilaksanakan serratus persen. Pariartha pun mengharapkan kasus COVID-19 di Kabupaten Bangli bisa terus melandai dan pandemi segera berakhir.

Sementara itu berdasarkan keterangan Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangli I Wayan Dirgayusa Senin (21/3), kasus covid-19 di Kabupaten Bangli kini sudah melandai. Dari 72 desa/kelurahan di Kabupaten Bangli masih masih terdapat 16 desa/kelurahan yang zona kuning. Sedangkan 56 lainnya sudah bertstatus zona hijau.

Baca juga:  Akhir Bulan Ini, Guru di Bangli Ditarget Tuntas Divaksinasi

Dikatakan Dirgayusa untuk menurunkan kasus COVID-19 di Kabupaten Bangli, upaya yang saat ini fokus dilakukan adalah vaksinasi dan sosialisasi ke masyarakat. Disebutkan capaian vaksinasi hingga Minggu (20/3) telah mencapai angka 99,9 persen untuk dosis I. Sedangkan vaksin dosis II capaiannya sudah 93 persen. “Untuk vaksin dosis III sudah mencapai 40,75 persen,” kata pria yang menjabat Kadiskominfosan Kabupaten Bangli itu. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN