Papan nama Sirkuit Pertamina Mandalika. (BP/Ant)

PRAYA, BALIPOST.com – Penonton Pertamina International Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022 yang belum mendapatkan akomodasi bisa memanfaatkan hotel terapung K.M. Kelud. Tersedia 1.500 tempat tidur.

“Hotel terapung itu memiliki kapasitas 2.000 penumpang dan berlabuh di Dermaga Gili Mas, Kecamatan Lembar, Lombok Barat,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu M. Faozal dikutip dari Kantor Berita Antara, Kamis (17/3).

Ia mengatakan K.M. Kelud sebagai hotel terapung siap melayani penonton MotoGP Mandalika 2022 yang digelar 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah. “Masyarakat yang sudah lengkap vaksin dan memiliki tiket MotoGP bisa menginap di KM Kelud,” katanya.

Baca juga:  Ditabrak Ninja, Lansia Tewas

Kapal Motor Kelud merupakan kapal tipe 2.000 penumpang yang dapat menyediakan tempat tidur untuk sekitar 2.000 orang. Namun, yang akan digunakan dalam menjalani penugasan hotel terapung 1.500 tempat tidur dengan fasilitas mushalla dan kantin. “Dalam layanan hotel terapung itu tidak disediakan sarapan, namun tersedia kantin di atas kapal,” katanya.

Tersedia pula “shuttle service” Gili Mas–Mandalika pukul 06.00-12.00 Wita, Mandalika-Gili Mas pukul 12.00-06.00 Wita, dengan periode waktu 17-21 Maret 2022.

Baca juga:  Penumpang di Penyeberangan Padangbai Masih Landai

Dishub NTB juga menyiapkan 281 bus gratis untuk para penonton MotoGP. Saat ini terdapat 82 bus yang masuk Mataram dan langsung ditempatkan di pos masing-masing. “Selanjutnya, terdapat 201 bus yang masuk sehingga jumlah keseluruhan 283 bus,” katanya.

Dia memerinci dari 283 bus itu, masing-masing disiapkan di eks-Bandara Selaparang, Mataram sebanyak 92 unit terdiri atas bus sedang dan 10 bus berkapasitas 40 penumpang.

Baca juga:  Dorong UMKM Bertransformasi Digital, Layanan Bisnis Online "All-in-One" Diluncurkan

Selanjutnya di Bandara International Lombok sebanyak 27 unit, di Pelabuhan Kayangan 30 unit dengan kapasitas 18 kursi. “Untuk di Kayangan juga tersedia mobil HIC elf berbayar. Termasuk di Pelabuhan Lembar atau Gili Mas sebanyak 92 bus sedang dan Pelabuhan Bangsal sebanyak 42 mini bus,” katanya.

Ia menyebutkan tentang syarat orang masuk kawasan Mandalika. “Syarat untuk masuk kawasan Mandalika adalah memiliki tiket MotoGP, punya aplikasi PeduliLindungi,” katanya. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN