Bagian fosil dinosaurus Guemesia ochoai yang ditemukan di Argentina. (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Fosil dinosaurus berlengan kecil ditemukan ilmuwan di Argentina. Dinosaurus ini diperkirakan hidup 70 juta tahun yang lalu.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, Minggu (27/2), dinosaurus ini bernama Guemesia ochoai, berasal dari Zaman Kapur. Fosilnya ditemukan di Provinsi Salta, Argentina.

Ilmuwan menduga Guemesia ochoai merupakan karnivora dari grup abelisaurus, yang berjalan dengan dua kaki dan memiliki tangan kecil. Posturnya lebih kecil dibandingkan Tyrannosaurus-rex di Amerika Utara.

Baca juga:  Dari TL Dilengkapi ATCS hingga Bupati Mahayastra Ngaku Pertama Tahu

Ukuran tangan kecil ini mengharuskan dinosaurus mengandalkan kepala dan rahang. “Ini sangat unik dan sangat berbeda dengan dinosaurus karnivora lainnya. Kami paham bahwa kami sedang berhadapan dengan spesies yang benar-benar baru,” kata peneliti dewan sains Argentina CONICET, Federico Agnolin.

Dinosaurus ini diperkirakan berusia muda. Ilmuwan meyakini abelisaurus menjelajah wilayah yang kini menjadi Afrika, Amerika Selatan dan India.

Beberapa spesies abelisaurus digali di Argentina, kebanyakan berada di Patagonia selatan. Guemesia ochoai, menurut Agnolin, memiliki penciuman yang tajam dan rabun jauh. “Beberapa ilmuwan berpikir hewan ini memburu mangsa dengan menyerang menggunakan kepala,” kata Agnolin.

Baca juga:  Argentina Tertarik Kerajinan Bambu Tabanan

Nama Guemesia ochoai berasal dari pahlawan Argentina, Martin Miguel de Guemes, dan pekerja museum yang menemukan fosil ini, Javier Ochoa. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *