Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Sonny Aprianto berkunjung ke Mapolda Bali diterima Kapolda Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bertepatan Hari Valentine, Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Sonny Aprianto berkunjung ke Mapolda Bali dan diterima Kapolda Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra, Senin (14/2). Kesempatan baik itu, Kapolda Putu Jayan menyampaikan situasi kamtibmas hingga persiapan G-20.

Tiba di mapolda, Pangdam Sonny disambut dengan jajar kehormatan oleh pasukan Direktorat Samapta Polda Bali dilengkapi dengan senjata laras panjang dan mengenakan seragam bernuansa adat Bali.
Kapolda didampingi Wakapolda Brigjen Pol. Ketut Suardana, menyampaikan sejauh ini situasi kamtibmas wilayah Bali masih terkendali.

Baca juga:  Kabupaten Ini Nihil Laporkan Tambahan Pasien COVID-19 Sembuh dan Kasus Baru

Dari segi kriminalitas, pelaku lebih banyak dari luar Bali, termasuk orang asing. “Dari beberapa kasus yang dilakukan oleh orang asing, kejahatan skimming yang paling mendominasi. Kami dari Polda Bali masih bisa mengatasinya,” ujarnya.

Irjen Putu Jayan menjelaskan, Polda Bali dan jajaran sudah siap melaksanakan pengamanan KTT G20 yang akan digelar di Nusa Dua pada Oktober mendatang. Pihaknya sudah menyiapkan skenario pengamanan. Nanti akan digladikan bersama-sama terkait pengamanan mulai dari alur kedatangan sampai para delegasi kembali ke negaranya. “Pengaturan anggota tugas di lapangan juga sudah kami siapkan. Saya berharap nantinya TNI dan Polri, khususnya Kodam IX/Udayana dan Polda Bali bisa bersinergi untuk menyukseskan jalannya KTT G20,” imbuhnya.

Baca juga:  Polairud Polda Bali Diperkuat Pasukan Antiteror

Putu Jayan berharap kedepannya Kodam IX/Udayana dan Polda Bali terus bersinergi untuk menjalankan peraturan pemerintah terkait penanggulangan Covid-19. “Berkaitan dengan persiapan KTT G20, kami siap melaksanakan pengamanan VVIP dan juga akan membantu pengamanan yang dilaksanakan oleh Polda Bali. Pada intinya kita harus bekerja sama agar event presidensi berjalan aman dan lancar,” kata Pangdam Sonny.

Saat ini, menurut Mayjen Sonny, saat ini pihaknya memprioritaskan pengamanan event iternasional di Sirkuit Mandalika. Selain itu, pengamanan perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste. Seperti yg diketahui wilayah Kodam IX/Udayana meliputi Bali, NTB dan NTT. “Oleh karena itu dengan keterbatasan kami, mari jalin sinergitas dengan baik,” tutupnya. (Kerta Negara/balipost)

Baca juga:  Warga Mudik, Polisi Patroli ke Wilayah Rawan
BAGIKAN