Gubernur Bali, Wayan Koster. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Minggu (13/2) sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Gubernur Koster Instruksikan Krama Bali Rayakan Tumpek Wayang

DENPASAR, BALIPOST.com – Penguatan kearifan lokal Bali kembali diimplementasikan oleh Gubernur Bali Wayan Koster melalui Instruksi Gubernur Bali Nomor 04 Tahun 2022 tentang Perayaan Rahina Tumpek Wayang dengan Upacara Jagat Kerthi. Hal ini bertujuan untuk melaksanakan nilai-nilai adi luhung Sad Kerthi, sehingga diperlukan tata-titi kehidupan masyarakat Bali yang menyatu dan menjaga keseimbangan dan keharmonisan antara alam Bali, manusia/krama Bali, dan kebudayaan Bali yang meliputi adat-istiadat, tradisi, seni dan budaya, serta kearifan lokal secara niskala dan sekala.

Oleh karena itu, Gubernur Koster menginstruksikan kepada pimpinan lembaga vertikal di Bali, pimpinan organisasi kemasyarakatan dan swasta se-Bali, beserta seluruh masyarakat Bali, untuk melaksanakan perayaan Rahina Tumpek Wayang dengan Upacara Jagat Kerthi pada Sabtu (Saniscara Kliwon Wayang), 5 Maret 2022 mendatang.

Baca juga:  Tambah Sembilan Ratusan Orang, 4 Wilayah Sumbang Pasien Sembuh 3 Digit

Selengkapnya baca di sini

2. Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih “Nyejer” 3 Minggu

AMLAPURA, BALIPOST.com – Upacara Tawur Tabuh Gentuh dan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih 2022 bakal dilaksanakan atau nyejer selama 3 minggu atau 21 hari. Untuk puncak karya sendiri jatuh pada 17 Maret 2022. Hal itu diungkapkan Bendesa Adat Besakih, Jro Mangku Widiartha, Minggu (13/2).

Widiartha menjelaskan, pihaknya telah melaksanakan paruman terkait menetapkan panitia karya termasuk rentetan upacara Tawur Tabuh Gentuh dan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih 2022. “Paruman kita laksanakan dengan semua unsur komponen,” ucapnya.

Baca juga:  Marak, Alih Fungsi Hutan Konservasi ke Tanaman Sayur

Selengkapnya baca di sini

3. Dibanding Sehari Sebelumnya, Korban Jiwa COVID-19 Bali Kembali Naik

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Minggu (13/2), kabar buruk masih dicatatkan Bali terkait korban jiwa akibat COVID-19. Jumlahnya tambah banyak dibandingkan sehari sebelumnya yang mencapai 14 orang.

Tambahan kasus COVID-19 Bali mengalami penurunan dari sehari sebelumnya yang mencapai 2.323 orang. Jumlahnya balik lagi ke seribuan kasus.

Selengkapnya baca di sini

4. Pengunjung Dibubarkan, Bar di Batu Belig Dipasangi “Police Line”

MANGUPURA, BALIPOST.com – Tindakan tegas dilakukan polisi bersama instansi terkait lainnya terhadap tempat usaha melanggar prokes. Pada Sabtu (12/2) pukul 23.10 WITA, setelah pengunjung dibubarkan, Bali Boozy Kitchen and Bar di Jalan Raya Batu Belig, Kelurahan Kerobokan Kelod, Kecamatan Kuta Utara, dipasangi police line.

Baca juga:  Dari Mediasi Sanksi Adat hingga Satu Set Reong Gong Kebyar Raib

Awalnya Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes, mimpin patroli gabungan TNI, Polri dan Satpol PP Kabupaten Badung. Saat patroli tersebut, AKBP Dedy menerima laporan terjadi pelanggaran prokes di lokasi itu.

Selengkapnya baca di sini

5. Hendak Belok, Pemotor Ditabrak Hingga Tewas

DENPASAR, BALIPOST.com – Lakalantas maut terjadi di Jalan By-pass Ngurah Rai, Kuta, Minggu (13/2) dini hari. Korbannya diketahui bernama Joni (30).

Kasi Humas Polresta Denpasar Iptu Ketut Sukadi, menjelaskan kasus lakalantas di Jalan By-pass Ngurah Rai, Kuta, terjadi pukul 02.00 WITA. Dari keterangan saksi, kata Sukadi, korban beralamat di Jalan By-pass Ngurah Rai, Kuta ini mengendarai sepeda motor melaju dari selatan.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *